Moeldoko Tak Hadiri Pelantikan AHY Jadi Menteri

AHY Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto Menko Polhukam

  • Bagikan
Moeldoko Tak Hadiri Pelantikan AHY Jadi Menteri
Usai dilantik, Hadi dan AHY apit Jokowi menjawab awak media. Antara

JAKARTA (Waspada): Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak hadir pada pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara hari ini, Rabu (21/2).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, Moeldoko tak terlihat di barisan pejabat negara. Padahal, banyak menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir di acara itu.

Beberapa menteri yang terlihat hadir adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menkominfo Budi Arie Setiadi, dan Menpan RB Abdullah Azwar Anas.

Hadir pula Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Respon AHY

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY merespons soal pelantikannya yang tak dihadiri Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

“Waduh,” kata AHY di Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Rabu (21/2). AHY enggan menjawab secara rinci soal absennya Moeldoko di Istana.

Ia mengatakan saat ini dirinya fokus dalam melanjutkan pekerjaan Kementerian ATR/BPN yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto.

Hadi digeser Presiden Joko Widodo menjadi menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam), menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri.

Keduanya bersama-sama dilantik Jokowi di Istana Negara siang tadi. Usai pelantikan, Agus dan Hadi bersama-sama datang ke Kementerian ATR/BPN untuk serah terima jabatan.

“Semoga di delapan bulan terakhir ini saya bisa meneruskan apa yang beliau (Hadi Tjahjanto) telah rintis dan jalankan dengan baik,” kata AHY.

“Ada target-target pencapaian, termasuk bagaimana kita bisa menuntaskan 120 juta target bidang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kemudian, sertifikasi elektronik dan isu-isu sengketa yang masih tersisa,” sambungnya.

Moeldoko dan AHY adalah dua sosok yang berseberangan pada kisruh internal Partai Demokrat. Moeldoko pernah terpilih menjadi ketua umum Partai Demokrat melalui Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, 5 Maret 2021.

Moeldoko Tak Hadiri Pelantikan AHY Jadi Menteri
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak hadir pada pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Negara hari ini, Rabu (21/2). Antara

KLB itu digagas oleh sejumlah politisi Demokrat yang tak setuju dengan kepemimpinan AHY. Beberapa tokoh di balik KLB itu adalah Marzuki Alie dan Jhoni Allen.

Kisruh itu berlanjut ke jalur hukum. Mahkamah Agung menolak kasasi Moeldoko terkait kepengurusan Demokrat pada 3 Oktober 2022. Moeldoko sempat mengajukan peninjauan kembali (PK), tetapi MA kembali menolaknya pada 10 Agustus 2023.

Kepemimpinan AHY di Demokrat berlanjut. Ia membawa Demokrat masuk ke Koalisi Indonesia Maju pendukung Prabowo-Gibran di Pemilu Serentak 2024.(cnni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *