Muhammadiyah Malam Ini Mulai Salat Tarawih, Puasa Besok

  • Bagikan
Muhammadiyah Malam Ini Mulai Salat Tarawih, Puasa Besok
Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP)  Muhammadiyah Abdul Mu'ti. dtc

JAKARTA (Waspada): Muhammadiyah mulai melaksanakan salat Tarawih pada malam hari ini, Minggu (10/3). Sementara, ibadah puasa 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

“Iya. Malam ini saya Tarawih di Masjid al-Falah, Benhil,” ujar Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, Minggu (10/3).

Mu’ti mengimbau kepada umat Islam untuk menunaikan ibadah puasa, Salat Tarawih, dan ibadah Ramadan lainnya dengan khusyuk, mengharapkan rida Allah.

“Terhadap perbedaan awal Ramadan dan ibadah lainnya, seperti rakaat Tarawih, hendaknya saling menghormati,” ucap dia.

“Kepada masyarakat luas, hendaknya menjaga situasi dan kondisi yang kondusif dengan menjaga ketenangan dan saling menjaga agar umat Islam dapat beribadah dengan sebaik-baiknya,” sambungnya.

Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 11 Maret 2024, dengan menggunakan metode hisab hakiki.

Dirangkum dari berbagai sumber, hisab hakiki adalah metode perhitungan kalender hijriah yang digunakan Muhammadiyah dalam menentukan awal Ramadhan dan awal bulan-bulan Hijriah lainnya.

Metode ini berpatokan pada gerak benda langit, khususnya posisi Matahari dan Bulan sebenarnya dan setepat-tepatnya sebagaimana adanya.

Terdapat tiga kriteria awal bulan baru dengan prinsip hisab wujudul hilal. Pertama, sudah terjadi ijtimak (konjugsi) antara Bulan dan Matahari.

Kedua, ijtimak terjadi sebelum terbenam Matahari. Ketiga, ketika Matahari terbenam dan Bulan belum terbenam atau masih berada di atas ufuk.

Hal tersebut membuat penetapan awal Ramadan versi Muhammadiyah biasanya berbeda satu hari dengan hasil rukyat maupun penetapan pemerintah.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemerintah baru akan menetapkan kapan 1 Ramadhan 1445 H setelah melalui sidang isbat yang digelar akhir malam ini, Minggu (10/3).(cnni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *