Sekjen DPR Indra Iskandar: Regenerasi Dalam Organisasi Sebuah Keniscayaan

  • Bagikan
Sekjen DPR Indra Iskandar: Regenerasi Dalam Organisasi Sebuah Keniscayaan
Sekjen DPR RI Indra Iskandar dalam foto bersama usai melantik pejabat struktural dan fungsional di lingkungan setjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4). (ist)

JAKARTA (Waspada): Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menegaskan regenerasi dalam sebuah organisasi merupakan keniscayaan.

Generasi muda pun, menurutnya, memiliki kesempatan yang sama dalam berkiprah dan meniti karirnya di Setjen DPR RI. Pasalnya, Setjen DPR RI dituntut untuk mampu menjadisupporting system DPR dalam menjalankan tugas dan fungsi kedewanan.

“Generasi muda pun memiliki kesempatan yang sama dalam berkiprah dan meniti karirnya di Kesetjenan DPR, selama memiliki prestasi, kompetensi dan kredibilitas yang mumpuni,” ujar Indra usai melantik pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4).

Sehingga,lanjutnya, tak berlebihan jika kemudian dalam pelantikan pejabat struktural kali ini pihaknya ikut melantik ASN (aparatur sipil Negara) angkatan generasi 2018 untuk mengisi jabatan eselon IV.

“Kesempatan promosi itu tentu satu kehormatan dan membuktikan bahwa kita memperhatikan prestasi setiap pegawai, teman-teman yang berkiprah memberikan ruang untuk berkarir. Jadi walaupun senioritas kita hargai untuk pilihan-pilihan tertentu. Tapi yang paling penting ke depan adalah kompetensi,” tegasnya.

Jadi, lanjutnya, kalau untuk ‘urut kacang’ tentu hal tersebut sudah tidak relevan lagi dengan organisasi modern. Sehingga untuk generasi muda, jangan khawatir dalam melakukan inovasi-inovasi untuk mengisi ruang-ruang yang ada, kebutuhan-kebutuhan yang ada bagi organisasi. Pasalnya, organisasi modern ke depan membutuhkan bukan hanya soal inovasi, tapi juga etos kerja.

Ditambahkan Indra, Setjen DPR RI dalam beberapa tahun belakangan telah menerapkan Merit System dalam mengisi posisi atau jabatan tertentu di kesetjenan DPR RI.

Sistem yang di dalamnya terdapat database assessment inilah yang kemudian dijadikan pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, pengembangan, promosi, dan rotasi pegawai dan pejabat sesuai kebutuhan organisasi, untuk mengisi jabatan-jabatan kosong di Setjen DPR RI.

Diketahui, dalam kesempatan yang dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, dan III, Indra melantik pejabat struktural eselon III, yakni Koko Suryadarma Afniwati Tanjung, Nimah Wahyu Purnami, dan Selo Hidayat.

Sedangkan, pejabat Eselon IV yang dilantik adalah Anggoro Agung Wijayanto, Mustaqim, Sukmalalana, Dwita Amelia Fitriani, Rozzana Indra Wardani. Serta beberapa pejabat fungsional ahli madya dan ahli muda dan ahli madya yang turut pula dilantik, yaitu Martrisa Canda Chaniago, Deni Ramadan, Diah Citra Ariwidyasari, Eko Adityo Ananto, Vita puji lestari, Ahmad Yugo Pidhegso, dan Hermawan Syarif. (J05).

  • Bagikan