Setjen DPR – Lemhannas Rapat Persiapan Orientasi Bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024-2029

  • Bagikan
Setjen DPR - Lemhannas Rapat Persiapan Orientasi Bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024-2029
Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar (kanan arah depan) saat memimpin rapat di ruang rapat Sekjen, DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/1/2024). (Ist)

JAKARTA (Waspada): Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) menggelar rapat persiapan orientasi dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi calon Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menjelaskan isu mengenai geopolitik internasional dan juga politik nasional akan turut menjadi pembahasan dalam orientasi kali ini.

“Setjen DPR Bekerjasama dengan Lemhannas akan mengadakan orientasi kebangsaan dengan tema setiap periode tentu di-update sesuai dengan konteks saat ini. Nah untuk yang saat ini, pasti ada sedikit yang berbeda karena update tentang geopolitik itu berbeda, banyak masalah-masalah internasional, nasional yang akan dielaborasi dalam orientasi kebangsaan,” ujar Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar usai memimpin rapat, di ruang rapat Sekjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/1/2024).

Indra Iskandar mengatakan orientasi yang diadakan Lemhannas ini akan diadakan sebelum pelantikan anggota dewan, pada 1 Oktober 2024 dan akan dibagi dalam lima termin waktu, yakni di antara Agustus hingga September 2024.

Setiap sesi akan berisikan sekitar 120 orang anggota dewan yang akan diminta aktif berdiskusi di dalam kelas-kelas di bawah pengarahan Lemhannas.

“Tentu dari Lemhannas akan juga memberikan penajaman-penajaman materi tentang sejarah wawasan kebangsaan untuk memperkuat sikap kebangsaan dan kenegaraan anggota dewan di periode akan datang,” papar Indra Iskandar .


Pada umumnya, tambah Indra Iskandar, poin-poin diskusi dan pembekalan yang akan disampaikan nanti akan berkaitan dengan pemahaman sejarah Indonesia, wawasan kebangsaan, kebhinekaan, hingga geopolitik dunia.

“Ada sekitar 14 materi yang akan dituangkan dalam Silabus dan waktu penyelenggaraannya. jadi pertemuan hari ini adalah pertemuan awalan. Kami akan elaborasi kembali untuk lebih detil untuk pertemuan selanjutnya di tempat Lemhanas. Saya kira butuh tiga hingga empat kali pertemuan untuk finalisasi format acara orientasi bagi anggota dewan yang baru,” pungkas Sekjen DPR RI Indra Iskandar . (J05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *