Tania, Putri Asal Sumatera Utara jadi Delegasi Indonesia di ASEAN SDGs Youth Camp

  • Bagikan
Tania, Putri Asal Sumatera Utara jadi Delegasi Indonesia di ASEAN SDGs Youth Camp

Tania Tita Shanorra (kiri) delegasi Indonesia dari Sumatera Utara di ASEAN SDGs Youth Camp di Thailand, pada 30 Oktober – 3 November 2023. (Waspada/Ist)

Tania, Putri Asal Sumatera Utara jadi Delegasi Indonesia di ASEAN SDGs Youth Camp

Tania Tita Shanorra (keempat dari kanan) delegasi Indonesia dari Sumatera Utara di ASEAN SDGs Youth Camp di Thailand, pada 30 Oktober – 3 November 2023. (Waspada/Ist)

JAKARTA (Waspada) : Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia mengirimkan delegasi perwakilan Indonesia untuk berpartisipasi di ASEAN SDGs Youth Camp yang diadakan di Thailand, 30 Oktober sampai 3 November 2023. Delegasi yang dikirim ke ajang tersebut adalah sepasang pemuda/i dari setiap negara yang terlibat. Salah satunya, Tania Tita Shanorra ialah perwakilan perempuan yang berasal dari daerah Provinsi Sumatera Utara yang diutus langsung oleh pihak Kemenpora RI.

ASEAN SDGs Youth Camp merupakan acara yang diselenggarakan oleh pihak Kementerian Luar Negeri Thailand, ASEAN Centre for Sustainable Development Studies and Dialogue (ACADSD) dan Mahidol University dengan dihadiri oleh 10 negara Asia Tenggara, Timor-Leste dan Jepang. Kegiatan ini merupakan langkah untuk mendorong pemuda/i di kawasan Asia Tenggara, Timor Leste dan Jepang sebagai ‘agent of change’ dalam memahami pentingnya konsep Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Dari ke-17 poin SDGs/TPB, maka urgensi utamanya berfokus pada memberantas kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

“Banyak sekali ilmu yang bisa didapat dan bisa diterapkan di Indonesia, khususnya bagi Provinsi Sumatera Utara setelah kembalinya dari ASEAN SDGs Youth Camp. Benar-benar membuat saya mengerti bagaimana keberlangsungan ekosistem kita baik di lingkungan, masyarakat sampai ekosistem bisnis harus dilaksanakan berkelanjutan dan seimbang. Saya merasa program ini membawa setiap delegasi dari manapun untuk belajar hal baru dan bertukar ide satu sama lain demi mendapatkan solusi-solusi yang sangat inovatif di masa sekarang,” ungkap Tania pasca kembali dari program ASEAN SDGs Youth Camp, Jumat (1/3/2024).

Alumni Universitas Sumatera Utara (USU) ini menjelaskan bahwa agenda kegiatan terdiri dari seminar dan workshop mengenai SDGs, campus tour di Mahidol University, melakukan Canal Clean Up di Sungai Lat Phrao, mengunjungi paru-paru Bangkok di Bang Kachao dan belajar tentang konsep ‘smart city’ di The Forestias, serta ditutup dengan kunjungan ke kantor Kementerian Luar Negeri Thailand dalam rangka perayaan anniversary ke-50 tahun kolaborasi antara ASEAN dan Jepang.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memberikan kesempatan yang luar biasa ini untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ucap Tania. (j01)

  • Bagikan