6 Tim Lengkapi 8 Besar Sepakbola Porprovsu

  • Bagikan
6 Tim Lengkapi 8 Besar Sepakbola Porprovsu
PELATIH Tim SepakbolaMedan, Puspom (kiri), memberi arahan kepada pemainnya usai memastikan tiket delapan besar Porprovsu 2022 di Stadion Kebun Bunga Medan, Jumat (28/10). Waspada/Dedi Riono

MEDAN (Waspada): Enam tim melaju ke babak delapan besar menyusul Tanjungbalai dan Asahan yang telah lebih dulu memastikan tiket perempatfinal cabang olahraga sepakbola Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) 2022.

Keenam tim yang berhasil melengkapi kuota delapan besar setelah melakoni laga terakhir penyisihan grup pada Jumat (28/10) adalah Langkat, Labuhan Batu Utara (Grup A), Medan, Dairi (Grup B), Serdang Bedagai (Grup C) dan Simalungun (Grup D).

Langkat memastikan tiket delapan besar dengan status juara Grup A setelah mengalahkan Labuhan Batu Selatan 1-0 di Lapangan PPLP Sumut. Tambahan satu poin membuat Langkat total mengemas 7 poin untuk menjadi juara grup.

Berhak mendampingi Langkat ke delapan besar adalah Labuhan Batu Utara yang mengemas 5 poin hasil sekali menang dan dua kali seri. Di laga terakhir kemarin, Labura mengalahkan Tebingtinggi 2-0. Pada laga delapan besar Senin (31/10), Langkat akan bertemu Sedang Bedagai dan Labura melawan Asahan.

Kota Medan melaju ke perempatfinal usai bermain imbang melawan Binjai dengan skor 1-1. Kedua tim melakoni laga hidup mati di Stadion Kebun Bunga Medan. Hanya butuh hasil imbang untuk melaju, anak-anak Medan tampil penuh semangat.

Demikian halnya Binjai yang butuh kemenangan memberikan perlawanan maksmal. Namun hingga babak pertama berakhir, skor masih 0-0. Babak kedua baru berjalan tiga menit atau tepatnya menit 48, Binjai berhasil unggul lewat gol M Husein Syahputra.

Namun petaka bagi Binjai yang harus bermain dengan 10 orang sejak menit 51 setelah Rhiza Alfiqri Lubis diganjar kartu merah karena dengan sengaja memegang bola saat memotong umpan pemain Medan. Situasai ini dimanfaatkan anak-anak Medan mendominasi permainan.

Fachri Husaini cs terus mengurung pertahanan tim Kota Rambutan. Namun tidak mudah bagi anak-anak Medan membongkar pertahanan lawan yang menumpuk hampir seluruh pemainnya di arena kotak penalti.

Medan baru mampu memecah kebuntuan mencetak gol balasan di menit 90+2 disumbangkan pemain pengganti Fikri Rayhan yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Binjai. Gol ini pun disambut suka cita pemain yang melakukan sujud syukur.

“Anak-anak bermain terburu-buru. Khususnya di babak kedua saat kita sudah unggul jumlah pemain. Tapi kami akhirnya bisa mencetak gol di masa injury time. Setelah ini kita akan fokus evaluasi tim untuk persiapan babak delapan besar,” ujar Pelatih Tim Medan, Puspom.

Ketua Umum KONI Medan, Drs Eddy H Sibarani, mengapresiasi sukses tim sepakbola Kota Medan melaju ke babak perempatfinal. Namun dikatakan Eddy bahwa babak penyisihan pool masih tahap awal.

Kepada tim dia menyebut perjuangan di Porprovsu masih panjang. “Tiga laga sudah berjalan sesuai rencana dan lolos ke 8 Besar. Tetapi masih ada tiga pertandingan lagi yang harus dilewati untuk bisa meraih medali. Tetap fokus dan manfaatkan waktu istirahat  sebaik-baiknya,” pesan Eddy Sibarani.

Berhak mendampingi Medan ke delapan besar adalah Dairi setelah di laga terakhir mengalahkan Karo 4-0. Dairi mengemas 6 poin untuk tampil sebagai runner-up. Di babak delapan besar, Medan akan menghadapi Simalungun dan Dairi melawan Tanjungbalai.

Persaingain Grup C di Lapangan PPLP Sumut, Asahan yang sudah memastikan tiket delapan besar setelah melakoni dua laga sebelumnya, memastikan predikat juara grup setelah menang besar atas Humbang Hasundutan (Humbahas) 6-2.

Berhak mendampingi Asahan ke perempatfinal adalah Serdang Bedagai yang di laga terakhir mengalahkan Labuhanbatu 3-1 untuk mengemas 6 poin. Asahan di delapan besar bertemu Labura dan Sergai bersua Langkat.

Tiket delapan besar tersisa di Grup D direbut Simalungun yang di laga terakhir mengalahkan Padang Lawan Utara 1-0 di Lapangan PPLP Sumut. Kemenangan ini membuat Simalungun tampil sebagai runner-up dengan raihan 3 poin untuk mendampingi juara grup Tanjungbalai yang mengemas 6 poin melaju ke babak delapan besar. (m18)

Hasil Jumat (28/10):

Grup A

Labusel vs Langkat                 0-1

Tebingtinggi vs Labura           0-2

Grup B

Karo vs Dairi                           0-4

Medan vs Binjai                      1-1

Grup C

Asahan vs Humbahas              6-2

Sergai vs Labuhanbatu            3-1

Grup D

Simalungun vs Paluta              1-0

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *