Apri/Fadia Tetap Haus Gelar

Jonatan Menang Dramatis

  • Bagikan
Apri/Fadia Tetap Haus Gelar
         PBSI

HONG KONG (Waspada): Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (foto) mengaku masih tetap haus gelar usai menjadi juara Hong Kong Open 2023.

Apri/Fadia juara Hong Kong Open 2023 usai menang atas pasangan Malaysia Tan Pearly/Thinaah Muralitharan dengan skor 14-21, 24-22, 21-9 pada final Hong Kong Open 2023 di Hong Kong Coliseum, Minggu (17/9) siang WIB.

“Kami senang tapi kami harus tetap haus akan gelar juara, jangan mudah puas dan kami mau momentum bagus ini bisa terus kami pertahankan. Kami ingin selalu konsisten,” kata Siti Fadia Silva Ramadhanti usai pertandingan.

Dalam pertandingan ini Apri/Fadia sempat kesulitan meladeni tekanan serangan pasangan Malaysia. Pada awal permainan Apri/Fadia tertinggal cukup jauh 2-10. Hingga akhirnya pasangan Malaysia mampu unggul 11-3 di interval gim pertama.

Usai interval gim pertama Apri/Fadia secara perlahan mampu bangkit untuk terus memperkecil ketertinggalannya menjadi 10-15. Sayangnya kesalahan demi kesalahan kembali dilakukan Apri/Fadia hingga membuat pasangan Malaysia menang pada gim pertama 21-14.

Pada awal gim kedua pertandingan berlangsung seru dan ketat. Skor imbang mewarnai jalannya laga. Skor imbang 13-13, kemudian imbang 14-14. Setelah itu laga berlangsung alot dengan skor imbang terus terjadi 16-16, 17-17, 18-18, 19-19, 20-20, 21-21, dan 22-22.

Akhirnya secara dramatis Apriyani/Fadia berhasil memenangkan gim kedua dengan skor 24-22 dan membuat pertandingan dilanjutkan ke rubber gim.

Saat rubber gim Apriyani/Fadia berhasil meraih tujuh poin awal berturut-turut untuk membawa mereka unggul 7-0 atas wakil Malaysia. Apri/Fadia pun berhasil menutup interval gim ketiga dengan keunggulan jauh 11-2. Hingga akhirnya Apri/Fadia memenangkan gim ketiga 21-9 dan menjadi juara ganda putri Hong Kong Open 2023.

Usai memastikan juara Apri/Fadia pun langsung melakukan selebrasi dengan berteriak. Tapi tak bisa ditutupi kedua pasangan ini juga terlihat terharu dengan mata yang berkaca-kaca usai menang dramatis.

Saat foto sesi usai kemenangan, Fadia pun meminta Apri untuk menggendongnya. Ini seperti isyarat bahwa Fadia tampaknya ingin berterimakasih kepada Apri yang sudah ‘menggendong’ nya hingga membantu Fadia sama-sama menjuarai Hong Kong Open 2023.

“Di gim pertama dan kedua, itu benar-benar permainan yang sudah sama-sama tahu. Apa yang kami rencanakan mereka sudah tahu, sebaliknya juga begitu, kami sudah mengantisipasi juga setiap rencana mereka. Saat setting poin kami bisa lebih tenang dalam penggunaan strateginya,” kata Fadia usai pertandingan.

Dari sekotor tunggal putra, Jonatan Christie menyumbang gelar kedua bagi Indonesia setelah menaklukkan Kenta Nishimoto asal Jepang. Dalam pertandingan yang berlangsung di Kowloon itu, unggulan kelima itu memetik kemenangan rubber game 12-21, 22-20, 21-18.

Gelar juara tersebut juga menjadi kemenangan kedua bagi Jonatan pada ajang Super 500, setelah Indonesia Masters 2023 pada Januari.

Permainan Jonatan pada gim pertama terbilang kurang solid untuk menghadapi Kenta yang punya pertahanan rapat. Jonatan berusaha mengubah pola permainan namun kerap mengalami kebuntuan.

Upaya wakil Indonesia dengan bermain lebih sabar pun tak membuahkan hasil. Kenta tak segan untuk mengejar umpan-umpan jauh dari Jonatan, yang sukses ia kembalikan.

Setelah 21 menit bersaing, gim pertama tak bisa diamankan Jonatan. Apalagi momen kehilangan sembilan poin secara beruntun dari 9-9 menjadi 9-18 sangat memukul mental Jonatan.

Pertahanan pemain unggulan kelima itu pun goyah dan mampu diakali Kenta secara mudah sebelum akhirnya ditutup dengan skor 12-21.

Pada gim kedua permainan Jonatan masih belum menunjukkan perkembangan berarti. Satu-satunya keunggulan yang ia raih ialah skor 7-4, setelah mendulang tiga poin beruntun atas Kenta.

Namun, Kenta tak mau kalah dan kembali merebut keunggulan setelah berusaha keras memperkecil selisih dengan wakil Indonesia. Berkat usaha keras Jonatan, ia pun kembali mengambil alih keunggulan.

Meski sempat terlibat setting, namun Jonatan sukses menjaga permainannya hingga gim kedua usai dengan kemenangan 22-20.

Jonatan melalui laga dramatis pada gim ketiga, ketika ia dan Kenta terlibat dalam kejar mengejar poin sejak awal permainan.

Keduanya terus saling mengejar dan menyamakan skor, dan kerap bergonta-ganti strategi agar bisa mengakali permainan lawan.

Memasuki pengujung gim saat skor, Jonatan mendapat dua poin penutup secara mudah akibat kesalahan yang dibuat Kenta sehingga skor menjadi 21-18. Dengan hasil itu, Timnas Bulutangkis Indonesia sejauh ini memboyong dua gelar juara dari Hong Kong Open.

Gelar pertama disumbangkan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, setelah mengalahkan pasangan asal Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dengan skor 14-21, 24-22, 21-9.

Indonesia gagal meraih gelar ketiga setelah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin hanya mampu menjadi runner-up usai kalah dari pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 10-21, 24-22, 19-21. (m18/pbsi)

Daftar Juara Hong Kong Open 2023

Tunggal Putra

Jonatan Christie (5) vs Kenta Nishimoto (Jepang) 12-21, 22-20, 21-18

Tunggal Putri

Akane Yamaguchi (Jepang/1) vs Zhang Yi Man (China) 21-18, 21-15

Ganda Putra

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (6) vs Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) 10-21, 24-22, 19-21.

Ganda Putri

Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia/6) vs Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (7) 21-14, 20-22, 9-21

Ganda Campuran

Guo Xin Wa/Wei Ya Xin (China) vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) 21-13, 21-19

  • Bagikan