Bima Sakti Minta Maaf Timnas U-17 Gagal Lolos Piala Asia 2023

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Pelatih Bima Sakti mengucapkan permintaan maaf kepada pencinta sepakbola nasional karena gagal membawa Timnas U-17 Indonesia ke Piala Asia.

“Kecewa dan sedih itu pasti. Saya bilang kepada pemain agar mengambil pelajaran dari turnamen ini. Karier mereka masih panjang. Kekalahan ini menjadi tanggung jawab saya sebagai pelatih,” ujar Bima dilansir Antara, Senin (10/10).

Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-17 yang akan berlangsung tahun depan usai digelarnya Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Kepastian itu diketahui setelah berakhirnya laga Arab Saudi melawan India pada laga pamungkas Grup D Kualifikasi Piala Asia U-17, Senin (10/10) dini hari WIB.

Pertandingan itu dimenangi oleh Arab Saudi dengan skor 2-1 atas India di Prince Mohamed bin Fahd Stadium. Arab Saudi unggul lebih dulu 2-0 berkat sepasang gol Talal Hajji dan India bisa memperkecil kekalahan melalui gol Thanglalsoun Gangte.

Hasil ini membuat Arab Saudi lolos sebagai juara Grup D ke Piala Asia U-17 2023. Keberhasilan Arab Saudi diikuti India yang akan tampil di putaran final lewat status runner up terbaik.

Kekalahan dengan skor tipis yang dialami India juga otomatis membuat Indonesia gagal melangkah ke Piala Asia U-17. Skuad asuhan Bima Sakti tak mampu melangkah karena tak masuk dalam posisi enam tim terbaik yang bisa lolos melalui jalur runner up terbaik.

Timnas Indonesia U-17 persis berada satu setrip di bawah Laos yang menghuni posisi keenam klasemen runner up terbaik.
Laos lolos bersama lima runner up terbaik lainnya yakni Korea Selatan, China, Afghanistan, India, dan Thailand.

Kegagalan Indonesia lolos ke Piala Asia U-17 tidak lepas dari kekalahan telak kontra Malaysia di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (9/10. Arkhan Kaka Putra dan kawan-kawan di luar dugaan kalah telak 1-5 dari Harimau Muda.

Hasil negatif itu bukan saja membuat posisi puncak direbut Malaysia yang lolos sebagai juara Grup B. Namun juga kebobolan banyak gol di laga melawan Malaysia berdampak pada ketidakmampuan Timnas Indonesia U-17 bersaing memperebutkan enam tiket melalui jalur runner up terbaik. (m18/cnni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *