CR7 Cadangan Terkait Taktik

  • Bagikan
<strong>CR7 Cadangan Terkait Taktik</strong>
Football 365

DOHA (Waspada): Superstar Cristiano Ronaldo (foto kanan), harus menonton sebagian besar dari pinggir lapangan sukses besar Portugal menggasak Swiss 6-1 pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Pelatih Fernando Santos (foto kiri) mengklaim keputusan dalam laga di Stadion Lusail itu, Selasa (Rabu WIB), sepenuhnya terkait taktik. Terbukti penggantinya Goncalo Ramos menjadi bintang kemenangan Seleccao das Quinas dengan membuat hatrik bersejarah.

“Saya sudah menjelaskannya, saya tidak akan menjelaskannya lagi. Mereka adalah penyerang yang berbeda, itu murni terkait taktik permainan,” jelas Santos di laman Portugal, Rabu (7/12).

“Semua pemain punya perbedaan. Saya juga memainkan (Diogo) Dalot dan Raphael (Guerreiro), namun (Joao) Cancelo juga pemain yang luar biasa,” tambah pelatih berusia 68 tahun tersebut.

Ronaldo tampak frustrasi ketika Portugal kalah 1-2 melawan Korea Selatan pada matchday terakhir Grup H. Mantan mesin gol Real Madrid, Juventus dan Manchester United itu tampak murung saat tiba di Stadion Lusail, Qatar, sebelum Portugal menjajal La Nati.

Masalah sikap megabintang berusia 37 tahun yang akrab dijuluki CR7 itu selalu menjadi topik pembicaraan hangat, terutama setelah kepergiannya dari Old Trafford, Manchester.

Tetapi Santos kembali menegaskan, masalah itu tidak ada kaitannya dengan taktik permainan yang diterapkannya.

“Tidak ada masalah antara Fernando Santos dan kapten tim nasional, kami sudah berteman selama bertahun-tahun. Pelatih yang membuat keputusan,” klaim mantan manajer Benfica, Sporting CP, AEK Athens dan FC Porto tersebut.

“Itu tidak memengaruhi kami, saya sudah menjelaskan sebagian dan itu sepenuhnya tuntas. Dia sudah memberi contoh yang bagus dari seorang kapten yang hebat,” tegas Santos.

Taktik Santos terbukti jitu. Samba Eropa sangat dominan sekaligus menang telak berkat hatrik Gancalo Ramos (17′, 51′, 67′), serta gol bersejarah bek Kepler Pepe (33′), Raphael Guerreiro (55′) dan Rafael Leao (90+2′). Swiss hanya bisa membalas satu gol melalui Manuel Akanji (58′).

Itu yang saya pikir akan kami butuhkan untuk pertandingan melawan Swiss ini,” klaim Santos.

CR7 lantas masuk menit 73 menggantikan Ramos. Namun kolektor lima gelar Ballon d’Or itu gagal masuk papan skor meski rekan-rekannya berpesta dengan memberondong Swiss.

“Ada duel di mana kami bermain dengan baik dan yang lainnya kami bermain buruk, apakah ada Cristiano Ronaldo atau tidak? Tapi yang terpenting adalah tim menang,” ucap Joao Felix, bomber muda Portugal yang mentas di Atletico Madrid.

“Tim bermain sangat baik sejak menit pertama, kami senang dengan kemenangan ini. Kami bermain sebagai tim dengan menurunkan semua bakat dan kami telah menunjukkan bahwa mengalahkan kami tidak akan mudah,” pungkas Felix. (m08/fe/rtr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *