Eddy Sibarani Berharap Kebangkitan Atletik

Porwil Kota Medan 2023

  • Bagikan
Eddy Sibarani Berharap Kebangkitan Atletik
ATLET atletik pose bersama Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani MSi, Rabu (1/3). Waspada/Armansyah Th

MEDAN (Waspada): Ketua Umum KONI Medan, Drs Eddy H Sibarani MSi, mengapresiasi tingginya animo atlet mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Medan 2023. Salah satunya cabor atletik di wilayah III, tampak antusias atlet usia pelajar sangat tinggi.

Total ada 198 atlet dari tujuh kecamatan se Kota Medan yang mengirimkan atletnya pada perlombaan yang mulai berlangsung Rabu (1/3) di Lapangan Yonkav 6/NK, Medan Sunggal.

Eddy berharap ini menjadi kebangkitan cabor atletik Medan untuk bisa melahirkan bibit-bibit atlet guna menjadi andalan Medan bahkan Sumut di event-event nasional.

“Dari 20 cabor yang kita pantau langsung, rata-rata jumlah peserta secara kuantitas ramai semua, meski hanya diikuti 7 kecamatan. Kedua, antusiasme dan keseriusan bertanding sangat tinggi,” ucap Eddy Sibarani didampingi Wakil Binpres KONI Medan, Siegfried.

Secara khusus, Eddy berharap kepada para pelatih untuk serius dalam menyeleksi atlet, sehingga mereka yang terjaring menjadi atlet binaan nanti benar-benar berkualitas. Termasuk kepada atlet untuk latihan serius dan jaga kondisi guna menyongsong PON 2024.

“Semua cabor ini harus bisa melihat peluang, itu sebenarnya yang harus kita push. Contoh di cabor atletik ini kalau ada 40 nomor lomba, harus ada nomor spesialis yang kita punya. Karena ini kesempatan yang tidak datang dua kali menuju PON 2024,” ujarnya.

Sekum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Medan, Syafriadi mengapresiasi gelaran Porwil yang selalu rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Melalui kejuaraan berjenjang seperti ini, PASI Medan berharap terjaring bibit-bibit baru yang bisa menjadi generasi emas.

“Kami sangat apresiasi gelaran Porwil yang ke-8 ini. Tidak hanya itu, karena ini akan berjenjang ke Porkot. Maka kami berharap bisa menjaring atlet potensial dari kecamatan-kecamatan yang nantinya menjadi wakil Sumut di event nasional,” harap Syafriadi.

Porwil cabor atletik mempertandingkan total 24 nomor, masing-masing 12 putra dan 12 putri dengan total 24 medali emas. Pada Porwil 2023 ada tujuh kecamatan yang tergabung dalam wilayah II, antara lain Medan Labuhan, Medan Belawan, Medan Deli, Medan Marelan, Medan Helvetia, Medan Barat, dan Medan Timur.

Marelan Dominasi Judo

Sementara itu, Kecamatan Medan Marelan mendominasi perolehan medali cabor judo Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) VIII/2023 yang berakhir di Padepokan Judo, Jl. Gaharu Medan, Selasa (28/2) malam.

Medan Marelan sukses mendominasi dengan torehan 6 medali emas, 1 perak, 2 perunggu. Posisi kedua ditempati Medan Helvetia dengan raihan 2 emas, 4 perak, 2 perunggu disusul di peringkat tiga Medan Timur dengan 1 emas, 4 perak, 2 perunggu.

Enam medali emas Medan Marelan masing-masing dipersembahkan dari nomor putra yakni Gusti Irawan Gowasa (kelas -55 kg), Renaldi Agus Parhusip (-60 kg), M Daffin Prayoga (-81 kg), Willy Pratama (+81 kg), Adelia Sari (-48 kg), dan Jihan Syahkila Lubis (-57 kg) di nomor putri.

Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani MSi yang hadir menutup even ini mengaku cukup berbangga hati melihat perkembangan judo Medan yang memiliki atlet pelapis yang cukup banyak.

Menurut Eddy, artinya dengan jumlah atlet potensial sebanyak ini tentu akan memberi peluang bagi pembina, pelatih untuk berimprovisasi menjadikan atlet terbaik pilihan masa depan nanti.

“Terima kasih kami ucapkan kepada pengurus judo Medan dan Pengprov PJSI Sumut yang mensupport hingga mau hadir bersama menutup kejuaraan hingga malam hari begini, kita berharap cabor judo bisa dipertandingkan di Piala Wali Kota Medan,” pungkas Eddy Sibarani.

Ketua PJSI Medan, Josep Yus juga berharap cabor judo bisa dipertandingkan di Piala Wali Kota Medan. Apalagi dengan semakin banyaknya atlet judo masa depan yang dibina di kepengurusannya saat ini.

“Kita sangat mengharapkan itu bisa terwujud sehingga ke depan kita semakin semangat dan berinvitasi dengan mengundang atlet dari provinsi lain untuk bertanding di sini,” ucapnya.

Ketua Panpel Cabor Judo Porwil, Faisal menjelaskan event ini diikuti peserta dari tujuh kecamatan dengan mempertandingkan 14 kelas. (m23)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *