Ginting Melaju, Jonatan Kandas

  • Bagikan
Ginting Melaju, Jonatan Kandas
PBSI

KUALA LUMPUR (Waspada): Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, mengatasi perlawanan Su Li Yang dua gim langsung 21-18, 21-12 di Lapangan 1 Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (9/1), untuk maju ke babak 16 besar Malaysia Open 2024.

Ginting tidak memulai pertandingan di gim pertama dengan baik dan banyak melakukan kesalahan sendiri di mana bolanya banyak yang melebar. Di sisi lain, Su Li Yang bermain cukup rapi hingga pebulutangkis Taiwan itu menutup interval dengan keunggulan 11-9.

Ginting yang merupakan tunggal putra nomor empat dunia saat ini menyamakan skor menjadi 12-12 sebelum kemudian berbalik unggul tiga poin saat skor menunjukkan 15-12.

Su Li Yang mengambil alih skor menjadi 17-16 dan 18-17. Namun, Ginting kembali unggul 19-18 dan 20-18. Puncaknya, smash kencang terarahnya gagal dihalau Su Li Yang dan membuatnya menutup gim pertama dengan 21-18.

Memasuki gim kedua, Ginting tak terkejar ketika menutup interval dengan keunggulan poin cukup jauh, 11-3. Su Li Yang sempat mendekat ketika skor menunjukkan 12-10 yang masih untuk keunggulan Ginting.

Namun, setelahnya pebulutangkis 27 tahun itu menunjukkan kelasnya dengan melesatkan smash-smash kencang untuk kembali membuat dirinya menjauh 18-11. Tiga poin tersisa pun dengan mudah didapatkankan Ginting untuk menyelesaikan pertandingan dua gim langsung.

Pada babak 16 besar, Ginting akan menghadapi wakil China Lu Guang Zu yang pada babak 32 besar menaklukkan wakil tuan rumah Malaysia Lee Zii Jia 16-21, 21-19, 21-15.

Sayangnya, sukses Ginting tak diikuti rekannya Jonatan Christie yang langkahnya terhenti usai ditaklukkan Kidambi Srikanth 21-12, 18-21, 16-21. Jojo sejatinya bermain apik dan tenang pada gim pertama sehingga merebut gim pembuka dengan skor 21-12 atas lawannya dari India. Pada gim kedua, ia masih tampil apik pada awal gim dengan menutup interval 11-7.

Selepas interval, Jojo sempat unggul 17-14. Namun, setelahnya ia lengah dan membuat permainannya menjadi tergesa-gesa. Jojo gagal memanfaatkan momentum setelah beberapa kali mampu unggul jauh sehingga Kidambi merebut gim kedua dengan 21-18.

“Pastinya kecewa, hasilnya tidak sesuai dengan yang saya harapkan. Saya sebenarnya mengawali permainan dengan cukup baik tapi di gim kedua tadi beberapa penyelesaian akhir dirasa terlalu terburu-buru,” jelas Jojo.

Begitu juga di gim ketiga, Jojo melakukan kesalahan yang sama. Ia menutup interval gim ketiga dengan 11-8 dan sempat meninggalkan Kidambi cukup jauh setelah interval. Setelahnya, ia kembali lengah dan Kidambi pun menyamakan skor 14-14 sebelum membalikkan keadaan untuk memenangi gim tersebut 21-16. “Begitu juga di gim ketiga, kembali saya kurang tenang ketika lawan mendapatkan banyak poin,” kata Jojo.

Dari tunggal putri, Putri Kusuma Wardani gagal melaju usai dikalahkan pebulutangkis China Han Yue 11-21, 13-21. Putri merasa sudah merancang strategi terbaik untuk meladeni perlawanan pebulutangkis tunggal putri peringkat delapan dunia itu. Namun, apa yang ia rencanakan gagal terlaksana seperti apa yang ia inginkan.

“Hari ini setiap poin, saya sudah coba merancang pola tapi kembali lagi banyak mati sendiri,” kata Putri. Putri menambahkan faktor lainnya adalah karena lapangan tempat ia bermain sedikit berangin. Namun, selebihnya ia mengaku memang permainannya kurang baik.

Pada sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto melaju mudah ke babak 16 besar setelah menaklukkan pasangan Kanada Dong Adam/Nyl Yukara dua gim langsung 21-16, 21-13.

Fajar/Rian yang kini menempati peringkat enam dunia itu tak menemukan kesulitan berarti pada babak awal Malaysia Open 2024 yang berlangsung 29 menit itu.

Sukses Fajar/Rian tak diikuti rekannya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang takluk dari pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen 16-21, 10-21.

Dari nomor ganda campuran, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati melaju ke babak 16 besar setelah menyingkirkan pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Isabel Lohau 21-15, 12-21, 21-17.

“Alhamdulillah kami cukup senang dengan kemenangan hari ini walau secara permainan kami merasa belum maksimal. Kami mau fight di tahun ini, mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Ikut Olimpiade atau tidak itu urusan nanti dan yang penting kami maksimal dulu setiap pertandingan,” kata Rehan.

Pada babak 16 besar nanti, Rehan/Lisa akan menghadapi pasangan China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang pada babak 32 besar menyingkirkan pasangan Hong Kong Lee Chun Hei Reginald/NG Tsz Yau 21-14, 21-17. (m18/ant/pbsi)

  • Bagikan