Ginting Mulus, Jonatan Gugur

  • Bagikan
Ginting Mulus, Jonatan Gugur
Antara

JAKARTA (Waspada): Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting (foto), melaju mulus ke babak 16 besar Indonesia Masters 2024.

Dalam pertandingan babak 32 besar yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/1), Ginting menundukkan pebulutangkis Thailand Wangcharoen Kantaphon dua set langsung 2-0 (21-13, 21-15).

Memulai gim pertama, pebulutangkis peringkat empat dunia tersebut langsung tancap gas dengan memperoleh empat poin beruntun. Bahkan Ginting terus mendominasi pertandingan dan membuat Kantaphon kesulitan mengembangkan permainan, hasilnya Ginting menutup interval gim pertama dengan keunggulan tujuh poin, 11-4.

Seusai interval, Ginting yang berada di atas angin tak mengendurkan serangan meski di akhir gim, Kantaphon sempat keluar dari tekanan dengan mencetak tiga angka beruntun. Namun Ginting menutup gim pertama dengan kemenangan 21-13.

Di gim kedua, Kantaphon mampu membaca pola serangan dari Ginting dan terus terjadi kejar-mengejar poin hingga pebulu tangkis peringkat 43 dunia tersebut menutup interval gim kedua dengan skor 11-8.

Dalam kondisi tertinggal, Ginting langsung mengubah pola permainan dan memainkan tempo yang lebih cepat, hasilnya Ginting memperoleh lima poin berturut-turut untuk membalikkan kedudukan menjadi 18-14. Ginting menutup pertandingan dengan memenangkan gim kedua, 21-15.

“Mengucap syukur hari ini bisa main baik dan tanpa cedera. Sejauh ini memang kami sudah sama-sama tau permainan satu sama lain,” kata Ginting seusai pertandingan.

Menurut pebulutangkis berusia 27 tahun tersebut, gim kedua menjadi kunci karena Kantaphon telah membaca pola permainan di gim pertama dan sempat mengubah pola permainannya untuk mengantisipasi serangan.

“Itu tadi kunci utamanya di gim kedua, waktu dia memimpin tiga poin, Itu tadi dia sudah mempelajari di gim pertama dan mengubah permainan, saya juga sudah sadar dan setelah interval juga pelatih juga memberi intruksi untuk mengubah permainan,” ujar Ginting.

Dengan hasil ini, Ginting melaju ke babak 16 besar untuk menghadapi pebulutangkis Malaysia Jun Hao Leong yang mengalahkan Kenta Nishimoto (Jepang) 21-17, 21-17.

Nasib berbeda dialami Jonatan Christie yang harus terhenti di babak 32 besar setelah kalah dari wakil China Lu Guang Zu dalam drama rubber game 21-19, 19,-21, 19-21.

“Hasil ini tidak sesuai dengan ekspektasi dan target saya sendiri. Saya rasa perlu ada yang diubah, ditambah dari latihan,“ kata Jonatan usai pertandingan.

Hasil ini pun menjadi kali ketiga Jonatan tidak mampu lolos ke babak perempatfinal dalam tiga turnamen pembuka tahun 2024. Sebelumnya di Malaysia Open dan India Open 2024, tunggal putra peringkat enam dunia itu masing-masing gugur di babak 32 besar dan 16 besar.

“Ini salah satu pembelajaran dan pukulan buat saya pribadi. Saya di tiga turnamen ini jauh dari harapan dan target yang sudah saya tetapkan,” kata Jonatan.

Dari nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung melangkah ke babak 16 besar setelah menaklukkan wakil Jerman Yvonne Li dua gim langsung 21-17, 21-17.

“Pertandingan tadi secara keseluruhan aku merasa belum puas, karena aku merasa cukup leading dengan poin nyaman, tapi lalu melakukan kesalahan sendiri, sehingga cukup tertekan dan banyak eror. Tapi, aku senang bisa lolos dari babak pertama,” kata Gregoria.

Dengan ini, maka Gregoria akan berjumpa dengan rekan senegara, Ester Nurumi Tri Wardoyo yang mengalahkan wakil Kanada, Wen Yu Zhang 21-16. 21-11. (m18/pbsi)

  • Bagikan