Kontingen USK Raih Juara Umum Pomda

  • Bagikan

BANDA ACEH (Waspada): Kontingen Universitas Syiah Kuala (USK) tampil sebagai juara umum Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) Aceh. Di klasemen akhir mereka mengoleksi medali terbanyak yakni 93 keping.

USK meraih medali terbanyak dari perguruan tinggi lainnya dengan rincian 53 emas, 24 perak dan 16 perunggu. Peringkat kedua diraih Universitas Samudra Langsa dengan 69 medali yang terdiri atas 26 emas, 28 perak dan 15 perunggu.

Diikuti Universitas Bina Bangsa Getsampena dengan 13 medali yang terdiri atas tujuh emas, lima perak dan perunggu. Ada empat cabor yang merupakan penyumbang medali terbanyak bagi USK, yaitu taekwondo dengan 12 medali, atletik 13 medali, petanque delapan medali dan renang 18 medali.

Ketua Kontingen USK, Dr Drh Mustafa Sabri MP, menyampaikan rasa syukur karena USK berhasil mencapai targetnya yakni mempertahankan juara umum pada event olahraga mahasiswa tingkat provinsi Aceh ini.

Menurutnya, pencapaian Kontingen USK ini sangat berarti karena menjadi batu loncatan bagi atlet USK untuk berkompetisi di level yang lebih tinggi. Mengingat Pomda ini ajang seleksi untuk Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) mendatang.

Kata dia, Pomnas akan berlangsung di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat. “Alhamdulillah, berkat usaha dan doa bersama akhirnya kita mencapai target juara umum. Pomda ini menjadi bekal berharga bagi atlet untuk berkompetisi di level lebih tinggi,” ujarnya.

Pomda kali ini berlangsung 1-6 Oktober 2022. Universitas Samudra Langsa (Unsam) sebagai tuan rumah. Ada 14 cabor dipertandingkan dengan dua lokasi (venue) yaitu 8 cabor di Langsa dan 6 cabor lain di Aceh Timur. Di mana seluruh venue di bawah koordinasi Unsam.

Ada 28 perguruan tinggi negeri/swasta di Aceh turut berpartisipasi pada even ini, USK sendiri mengirimkan 151 atletnya untuk bertanding pada seluruh cabor yang ada.

Kepala Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) Aceh Prof Dr Mustanir MSc turut menyampaikan selamat atas prestasi USK pada kali ini. Ia juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras Unsam serta semua pihak yang turut mensukseskan event olahraga ini.

“Secara umum Pomda Aceh kali ini berjalan sukses. Ini adalah keberhasilan kita bersama. Mudah-mudahan semangat kebersamaan ini terus berlanjut, khususnya untuk membangun olahraga di Aceh,” katanya. (b04/C)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *