Pacuan Kuda Tradisional Meriahkan HUT Ke-20 Bener Meriah

  • Bagikan
Pacuan Kuda Tradisional Meriahkan HUT Ke-20 Bener Meriah
Pacuan Kuda Tradisional Meriahkan HUT Ke-20 Kabupaten Bener Meriah.Waspada/Sumarsono

REDELONG (Waspada): Pemerintah Kabupaten Bener Meriah akan menyelenggarakan even pacuan kuda tradisional dalam rangka memeriahkan HUT Ke-20, acara ini dijadwalkan berlangsung selama 7 hari, mulai dari 25 hingga 31 Desember 2023, di Lapangan Pacuan Kuda Sengeda, Kampung Karang Rejo, Kecamatan Bukit.

Informasi yang dihimpun Waspada (19/12/) menunjukkan bahwa pacuan kuda ini akan diikuti oleh peserta dari empat kabupaten, yaitu Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Bener Meriah sebagai tuan rumah.

Ketua Pordasi Bener Meriah, Zaidan, mengungkapkan bahwa pelaksanaan tahun ini diprediksi akan lebih meriah dibandingkan tahun sebelumnya, terutama dengan adanya momen mendekati Pemilu. “Kemungkinan tahun ini akan lebih meriah dari tahun sebelumnya, karena ada momen menghadapi Pemilu,” ujar Zaidan.

Meskipun belum dapat memastikan jumlah peserta, Zaidan menyatakan bahwa persiapan sebagai tuan rumah telah mencapai 80 persen. Ia berharap agar kekompakan dapat terus dijaga, dan setiap kelas yang diperlombakan bisa diraih oleh kontingen Bener Meriah.

“Pacuan kuda menjadi tontonan paling digemari warga Aceh, khususnya masyarakat Dataran Tinggi Tanah Gayo. Event ini sangat dinantikan oleh masyarakat Bener Meriah,” tambahnya.

Pecinta balapan kuda dari berbagai kabupaten/kota di Aceh diharapkan turut hadir untuk menyaksikan secara langsung pagelaran kegiatan tradisional masyarakat Gayo tersebut. Even pacuan kuda ini tidak hanya menjadi ajang hiburan, tetapi juga merupkan bagian dari identitas dan kekayaan budaya masyarakat Bener Meriah yang patut diapresiasi. (cno)

  • Bagikan