Poldasu Beri Pengamanan Terbaik F1Powerboat 2024

  • Bagikan
Poldasu Beri Pengamanan Terbaik F1Powerboat 2024

Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut Kombes Pol, Hadi Wahyudi saat memberikan keterangan pers di Balige, Sabtu (2/3). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Peralatan pengamanan modern berupa alat identifikasi wajah hingga puluhan titik kamera CCTV disiapkan Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) untuk mengamankan gelaran F1Powerboat Danau Toba 2024 di Pelabuhan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara.

“Kita menyiapkan alat untuk mengidentifikasi setiap pengunjung yang masuk di dalam venue utama. Jadi itu langsung terkoneksi dengan Divisi Informasi Kepolisian, baik yang ada di Polda (Sumut) maupun yang ada di Mabes Polri,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut Kombes Pol, Hadi Wahyudi di Balige, Sabtu (2/3).

Peralatan-peralatan tersebut merupakan bagian dari standar pengamanan internasional yang diterapkan Polda Sumut dan Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan dalam balapan adu cepat jet air yang digelar mulai hari ini Sabtu (2/3/2024) hingga esok Minggu (3/3).

Selain itu Polda Sumut menempatkan lebih dari 40 CCTV, baik dari jenis stasioner atau tak bergerak maupun portable di beberapa titik di sekitar venue pelabuhan Balige, Bandara Sisingamangaraja XII, lokasi parkir dan di lokasi-lokasi strategis lainnya.

“Beberapa peralatan-peralatan modern yang kita turunkan semata-mata adalah komitmen dari Polda Sumatra Utara dan Kodam I Bukit Barisan agar event ini terselenggara dengan baik dengan lancar dan aman, jelasnya.
Tak hanya itu, Polda Sumut juga melengkapi 1.170 personel gabungan TNI-Polri di lapangan dengan sarana penunjang pusat komando (command center) yang berlokasi di mess Pemprov Sumut,” imbuhnya.

Diketahui, Command Center diawaki oleh operator dari bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dibawah kendali Kepala Biro Operasional berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

“Mereka yang mengendalikan seluruh proses penyelenggaraan keamanan dalam radius lima kilometer (km) karena yang terjauh untuk kantong parkir itu ada di radius lima km,” ungkap Kombes Hadi.

Untuk menunjang tugas pengamanan di lapangan, Polda Sumut juga telah menerjunkan personel polisi pariwisata yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris selama kegiatan F1 Powerboat. Nantinya personel Direktorat Pamobvit Polda Sumut yang diterjunkan ini akan menyampaikan sosialisasi Kamtibmas dengan bahasa Inggris, karena nantinya banyak wisatawan dari luar negeri datang ke Danau Toba menyaksikan F1 Powerboat.

“Harapannya kehadiran personel di tempat wisata Danau Toba dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, serta wisatawan dari luar negeri selama berada di Balige, Toba, menyaksikan F1 Powerboat.
Personel ini turut menyampaikan sosialiasasi kepada warga di sekitar Balige untuk mendukung dan menyukseskan perhelatan F1 Powerboat,” pungkasnya.

Sementara itu pada Sabtu (2/3/2024) pukul 07.00-08.30 WIB F1Powerboat memulai Free practice, yang kemudian balapan utaman pada Minggu (3/3) esok, pukul 11.15-12.00 WIB.

Tim yang akan berkompetisi di balapan adalah Team Binh Dinh-Vietnam (Swedia), Victory Team (Uni Emirat Arab), Team Abu Dhabi (Uni Emirat Arab). Kemudian, China CTIC Team (Prancis), F1 Atlantic Team (Portugal), Red Devil-SMC F1 Team (Finlandia), Sharjah (Uni Emirat Arab), Stromoy Racing (Norwegia), dan Maverick Racing (Prancis).

2024 menjadi tahun kedua Indonesia didapuk sebagai tuan rumah gelaran Formula1 Powerboat. Pada 2023 pembalap dari tim Stromoy Racing, Bartek Marszalek keluar sebagai juaranya. 2024 juga menjadi Istimewa karena merupakan edisi ke-300 sejak ajang adu cepat jet air ini diselenggarakan pada 1984 di 39 negara. (rg)

  • Bagikan