Poppy Dharsono Lantik Kepengurusan BPD APPMI Sumut

  • Bagikan
Poppy Dharsono Lantik Kepengurusan BPD APPMI Sumut

MEDAN (Waspada): Kepengurusan  Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) BPD Sumatera Utara  periode 2023-2028 dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP APPMI, Poppy Dharsono di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dnas Gubernur  Jalan Sudirman Medan, Kamis (31/8).

Desainer Yuni Afrita Pohan, kembali dipercaya memimpin APPMI Suutm untuk lima tahun ke depan. Sebagai wakil ketua Zul Said, Sekretaris Riki Damanik,Bendahara Zuraidah dan dilengkapi  seksi -seksi.

Pelantikan dihadiri oleh Ketua Harian Dekranasda Sumut, Mulyadi Simatupang yang juga Kadis Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumatera Utara, Ketua Dekranasda Kabupaten Kota di Sumut, desainer internasional Torang Sitorus, guru dan siswa SMK busana dan undangan lain.

Ketua DPD APPMI Sumut, Yuni Afrita Pohan dalam sambutannya menyatakan alhamdulillah masih dipercaya memimpin kembali BPD APPMI Sumut untuk kedua kali. “Mudah-mudahan amanah yang ddiberikan kepada saya akan saya jalankan semaksimal mungkin demi memajukan industri fashion di Sumut ke skala nasional dan internasional,” katanya.

Yuni Pohan menjelaskan, kepengurusan berjumlah 11 dan anggota terbaru limabelas. Ia berharap para pengurus dan anggota saling bekerjasama. “Kita tidak bisa berjalan sendiri. Untuk memajukan fashion industry kita harus sama-sama bergandengan. Anggota baru dari Padang Sidempuan, Samosir, Tarutung, Kalau bisa semua kabupaten kota ikut dalam APPMI Sumut.  Dengan adanya perwakilan dari daerah, merupakan momentum supaya kita bersinergi  ke pusat, ” ucap Yuni yang juga dikenal seorang pendidik dan dosen.

Yuni  juga berharap kepengurusan baaru ini mendapat dukungan dari pemerintah provinsi Sumut. “Selama ini Ibu Gubernur memang selalu mensupport kami  seperti mengikuti Indonesia Fashion Week. Itu suatu kebanggaan kepada kami,”  ujarnya.

Ketua Umum DPP APPMI, Poppy Dharsono dalam sambutannya menegaskan bahwa kemajuan industri fashion akan mendorong industri pariwisata karena industri pariwisata hanya bisa berkembang kalau industri industri penyumbangnya seperti kuliner, fashion dan linnya ikut berkembang.

Kepada anggota baru, Poppy Dharsono berpesan, belajarlah dari para senior dan belajarlah tiap tahun di Indonesia Fashion Week di Jakarta karena Indonesia Fashion Week adalah ajang puncak dimana stage nya menampilkan hasil-hasil karya desainer dari 20 provinsi yang menjadi anggota APPMI. “Disanalah adik-adik bisa melihat desainer-desainer lain dengan wastra-wastranya yang beraneka ragam dan bisa menjadi pemicu industri fashion di Sumut agar lebih berkembang,” urai desainer senor dan juga mantan bintang film nasional di era 70-an ini.

“Kebersamaan adalah sesuatu kekuatan yang dahsyat yang harus selalu dijaga dan tidak mudah. itulah yang menjadi tugas semuanya sehingga ekonomi kerakyatan di Sumatera Utara bisa bertambah maju.”pesannya.

Sementara itu, Nawal Lubis dalam sambutan tertulis yang dibacakan Mulyadi Simatupang mengingatkan bahwa fashion merupakan bagian dari industri kreatif yang mampu menjadi salah satu penopang kekuatan ekonomi. Industri kreatif berperan secara signifikan dalam pengentasan kemiskinan melalui perluasan kesempatan kerja dan menghasilkan barang atau jasa untuk diekspor.

“Saya selaku Ketua Dekranada memberikan apresiasi kepada APPMI yang telah bekerjasama dengan Dekranasda mulai awal kepemimpinan saya, APPMI telah banyak mendukung Sumut dalam memperkenalkan Wastra Sumatera Utara kepada masyarakat melalui desainernya” ujar Nawal Lubis.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan kepada desainer supaya terus berkreasi dan berinovasi   agar lebih meningkatkan hasil produknya teutama wastra Sumut dikenal dengan desain mutakhir dan mampu berniai jual tinggi.  Menurutnya fashion paling baik adalah yang bisa menciptakan perpaduan antara yang tradisonal dan modern .

Istri gubsu Edy Rahmayadi ini juga mengingatkan agar desainer memanfaatkan marketplace dan social media sebagai sarana promosi.

Di akhir sambutan tertulisnya, Ia berharap kepada kepengurusan yng baru dapat lebih baik lagi dari sebelumnya. “Semoga Ketua APPMI dan jajarannya dapat menjalin hubungan baik dengan Dekranasda di kabupaten kota, juga stakeholder lain seperti BUMN dan BUMD” harap Nawal Lubis.

Acara pelantikan pengurus dan anggota BPD APPMI Sumut dimeriahkan dengan fashion show dan talk show bersama Poppy Dharsono. (rel)

  • Bagikan