Radja Nainggolan Resmi Bhayangkara FC

  • Bagikan
Radja Nainggolan Resmi Bhayangkara FC
Antara

JAKARTA (Waspada): Bhayangkara FC resmi merekrut mantan pemain Timnas Belgia, Radja Nainggolan (foto) untuk berkiprah di sisa musim Liga 1 2023/2024. Kepastian perekrutan Radja dikonfirmasi Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC Sumardji, Rabu (29/11) sore.

“Ya, benar (Radja gabung Bhayangkara FC),” kata Sumardji. Namun Sumardji belum bisa menjelaskan secara detail durasi kontrak Bhayangkara FC bersama gelandang pengoleksi 30 caps bersama Timnas Belgia itu.

Radja merupakan pemain yang sedang dalam status tidak memiliki klub. Terakhir, pemain berdarah Batak itu membela klub kasta kedua Italia, SPAL. Radja juga sempat membela sejumlah klub besar Eropa seperti Inter Milan dan AS Roma.

Radja dalam beberapa pekan terakhir berada di Indonesia setelah ditunjuk PSSI sebagai Duta Promosi Piala Dunia U-17 2023. Sebelumnya The Guardian, julukan Bhayangkara FC, sudah mendatangkan empat pemain asing baru, Marcelo Herrera, George Blackwood, Junior Brandao, dan Zulfahmi Arifin.

Kehadiran Radja otomatis membuat slot pemain asing berlebih. Karenanya satu pemain terpaksa dicoret. Dikabarkan pemain yang dipilih untuk dicoret adalah Blackwood.

Tim asuhan Mario Gomez ini juga mendatangkan pemain lokal baru seperti Putu Gede Juni Antara, Andik Rendika Rama, Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, dan Arif Satria.

Ini dilakukan manajemen Bhayangkara FC untuk menyelamatkan tim dari degradasi. Saat ini Bhayangkara FC menjadi juru kunci klasemen sementara atau peringkat ke-18.

Dari 20 pertandingan yang sudah berjalan, Indra Kahfi dan kawan-kawan hanya sekali menang, tujuh kali imbang, dan 12 kali menelan kekalahan.

Dengan 14 pertandingan tersisa, diharapkan kemenangan demi kemenangan diraih. Untuk itu pemain bintang didatangkan agar mendongkrak performa tim di sisa Liga 1 2023/2024.

Seperti diketahui, Radja Nainggolan adalah salah satu bintang sepakbola asal Belgia. Ia lahir di Antwerp pada 4 Mei 1988. Sang ibu, Lizi Bogaerts berkebangsaan Belgia, sedangkan ayahnya Marianus Nainggolan asal Indonesia tepatnya Batak Toba.

Radja Nainggolan memiliki saudara kembar bernama Riana Nainggolan yang juga berprofesi sebagai pesepakbola dan sempat membela tim wanita AS Roma.

Awal karier sepakbola Radja Nainggolan di akademi Germinal Beerschot. Kemudian bakatnya lebih dulu dilirik Piacenza pada 2004 saat berusia 17 tahun.

Bersama Piacenza, Radja Nainggolan mencatat 38 penampilan di Serie B. Setelah menunjukkan performa menjanjikan, Radja Nainggolan dipinjam Cagliari pada 2010 dan memulai karier di Serie A.

Radja Nainggolan biasa bermain sebagai gelandang bertahan. Kualitas fisik yang mumpuni membuatnya punya daya jelajah yang signifikan di atas lapangan.

Penampilannya di Cagliari turut membuat Radja Nainggolan jadi salah satu andalan di Timnas Belgia senior. Ia turut jadi bagian generasi emas Belgia hingga membantu negaranya menyentuh peringkat pertama FIFA.

Kualitasnya sempat menarik hati AS Roma untuk memakai servis pemain yang akrab dengan gaya rambut eksentrik tersebut. Radja Nainggolan membela AS Roma selama hampir lima musim medio 2014 hingga 2018.

Inter Milan jadi raksasa Serie A yang turut tertarik memboyong Radja Nainggolan. I Nerazzurri bahkan berani mengikat kontrak dengan durasi empat musim.

Namun di pertengahan perjalanan, Inter Milan meminjamkan Nainggolan ke Cagliari pada 2019 dan kemudian mengakhiri kontrak pada 2021. Nainggoolan sempat pulang kampung ke Belgia untuk berseragam Royal Antwerp pada musim 2021/2022. Bertahan 1,5 musim, Nainggolan menerima pinangan klub Serie B, SPAL pada Januari 2023.

Namun pada Juli 2023 Nainggolan resmi dilepas SPAL dan berstatus tanpa klub. Ia akhirnya bergabung dengan Bhayangkara FC di putaran kedua Liga 1 2023/2024. (m18/cnni)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *