Sejumlah Pengcab Protes Musprov Pertina Sumut

  • Bagikan

SEJUMLAH Pengcab Pertina melakukan walk out di tengah Musprov Pertina Sumut. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Sejumlah Pengcab memprotes keras pelaksanaan Musprov Pertina Sumut yang berlangsung di Pusdiklat Pertina Medan di Medan Labuhan, Sabtu (19/2).

Mantan Ketua Pertina Sumut periode 2008-2012, Freddy Simangunsong bersama sejumlah Pengcab Pertina se-Sumut bahkan akan melaporkan proses Musprov Pertina Sumut ke PB Pertina, KONI Sumut, dan Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI).

“Saya merasa kecewa dengan pimpinan sidang yang otoriter dalam memimpin sidang sementara. Apalagi pimpinan sidang merupakan salah satu calon ketua,” ujar Freedy yang sempat mencalonkan diri sebagai Ketua Pertina Sumut, Minggu (20/2).

“Sebelum Musprov dilakukan, kami sudah audiensi ke KONI Sumut. Oke, mereka tidak punya wewenang mencampuri internal Pertina, tapi di organisasi apapun, caretaker tidak punya suara,” sebut Freddy.

“Lalu, kami juga pergi ke PP Pertina. Sekjen Warta Ginting juga jelas mengatakan caretaker tidak punya suara. Jadi kok tiba-tiba di Musprov perwakilan dari PB Pertina mengatakan boleh, kan ini lucu,” jelasnya.

Tak sampai di situ, Musprov Pertina Sumut juga dianggap tidak netral karena menggelar digelar di tempat/markas salah satu calon ketua. Padahal pihaknya sudah meminta sejak Rakerprov Desember lalu, agar lokasi Musprov dipindahkan di tempat netral.

“Ini pertama terjadi Musprov Pertina digelar di rumah calon ketua. Kami sudah minta dipindahkan ke hotel, biaya kami sediakan agar menjaga netralitas. Tapi, apa yang terjadi mereka tetap lanjut,” katanya lagi.

Dirinya menegaskan dalam waktu satu dua hari ini akan melayangkan surat ke PB Pertina, BAORI, dan KONI Sumut  

“Kalau dalam waktu sebulan tidak ada juga respon. Atau bahkan jawaban yang diberikan masih kurang pas, kami akan melakukan Musprov tandingan. Ini kami lakukan karena kami yakin ini benar,” tegasnya lagi.

Wakil Ketua Pertina Asahan, Donal Panjaitan didampingi Ketua Pertina Labuhanbatu Tavip Simangunsong menyatakan tidak menerima proses Musprov. Sebab, dari AD/ART disebutkan caretaker tidak punya hak suara.

“Kami mohon keadilan terkait hal ini. Kami minta agar Musprov diulang di tempat yang netral di hotel atau di KONI Sumut,” tegas Donal.

Seperti diketahui, dalam Musprov yang dinilai sejumlah Pengcab tidak sah itu, Sabam Manalu kembali terpilih untuk memimpin Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Sumatera Utara Periode 2022-2026.
(m33)

  • Bagikan