Senam Bersama Meriahkan HKN Di Siantar

  • Bagikan
Senam Bersama Meriahkan HKN Di Siantar
WALI Kota Susanti Dewayani (tengah depan) turut serta senam bersama dalam memeriahkan peringatan HPN ke-59 di lapangan Brimob Kompi 2 Den B, Jl. Jend. Ahmad Yani, Kota Pematangsiantar, Kamis (30/11). Waspada/Ist

P. SIANTAR (Waspada): Senam bersama Wali Kota, mewakili Forkopimda, pimpinan OPD Pemko, petugas dan kader kesehatan memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Kota Pematangsiantar.

Peringatan HKN 2023 itu berlangsung di lapangan Brimob Kompi 2 Den B, Jl. Jend. Ahmad Yani, Kamis (30/11).  Wali Kota Susanti Dewayani sebagai pimbina upacara peringatan membacakan sambutan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang antara lain menyebutkan enam pilar transformasi kesehatan penopang sistim kesehatan Indonesia, harus membangunnya bersama dan terus menerus sesuai amanat yang terdapat dalam UUD 1945.

“Yakni, tiap orang berhak mendapat pelayanan kesehatan dan negara bertanggungjawab terhadap penyediaan fasilitas kesehatan yang layak,” lanjut Menkes.

Pasca pengesahan Undang-undang (UU) No. 17 tahun 2023 tentang kesehatan, sebut Menkes, pemerintah kini sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) yang berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembagunan kesehatan di seluruh Indonesia.

Menkes juga berpesan pemerintah pusat dan pemerintah daerah mengacu RIBK dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayah masing-masing.

“Enam pilar transformasi kesehatan dapat menegakkannya untuk perubahan yang lebih baik bila ada kolaborasi yang erat dan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat,” sebut Menkes.

Tidak kalah penting, lanjut Menkes, transformasi kesehatan tidak akan terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan.

“Nilai-nilai ASN berakhlak wajib kita hidupi untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, profesional dan tidak korupsi serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” tegas Menkes.

Menkes memberikan rasa terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan Indonesia.

“Terimakasih kepada tenaga medis, tenaga kesehatan, LSM, swasta, media, profesional, akademisi, seluruh pegawai dan pejabat pemerintah pusat serta daerah dan tidak lupa para kader. Terus semangat, karena perjuangan kita belum selesai,” ucap Menkes.

Menkes juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan demi Indonesia emas 2045 mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Pemko drg. Irma Suryani dalam laporannya menyebukan Kementerian Kesehatan memberikan jaminan gizi untuk penurunan stunting dan percepatan masyarakat dan peningkatan produk terhadap kesehatan masyarakat.

“Dengan peringatan HPN, harapannya transformasi kesehatan penting menuju masyarakat maju untuk menjadi momentum Indonesia 2045,” lanjut drg. Irma.

Tujuan peringatan HKN, menurut drg. Irma, agar terwujud kesehatan yang kuratif, hingga para kepala daerah dan Ormas mendukung pencapaian pembangunan kesehatan.

Beberapa kegiatan HKN, sebut drg. Irma, telah terlaksana seperti aksi bergizi di SMP dan SMA, Germas dan Gebyar Lansia di delapan kecamatan, seminar kesehatan, bakti sosial donor darah bekerjasama dengan PMI, pemberdayaan bayi dan balita sehat, senam transformasi dan berbagai perlombaan.

Pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah serta undian lucky draw turut memeriahkan peringatan HKN dan ada pemeriksaan kesehatan gratis.

Tampak hadir mewakili Forkopimda, pimpinan cabang Bank Sumut, pimpinan BPJS Kesehatan, para pimpinan OPD Pemko, Wadir RSUD dr. Djasamen Saragih dr. Erika Silitonga, pimpinan RS Tentara TK IV, pimpinan rumah sakit swasta, camat, kepala Puskesmas dan lainnya. (a28)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *