Tembus 16 Besar Target Realistis Timnas Indonesia

Piala Asia 2023

  • Bagikan
Tembus 16 Besar Target Realistis Timnas Indonesia
TIMNAS Indonesia menjalani pemusatan latihan di Turki. Selain berlatih, skuad Garuda juga bakal berujicoba sebanyak dua kali dengan Timnas Libya pada 2 dan 5 Januari. PSSI

JAKARTA (Waspada): Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Zainudin Amali menilai menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 menjadi target yang realistis untuk diusung Timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan Zainudin Amali saat mengunjungi pemusatan latihan Timnas Garuda di Antalya, Turki. “Tentu sebagaimana yang telah disampaikan oleh coach Shin Tae-yong, dia menargetkan untuk kita lolos ke 16 besar. Itu yang kita harapkan. Federasi tentu harus realistis,” kata Wakil Ketua Umum Zainudin Amali seperti dilansir situs PSSI, Selasa (26/12).

Sebelumnya, Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong mematok target Timnas Garuda untuk lolos ke babak 16 besar. Amali mengatakan PSSI mendorong Shin Tae-yong mewujudkan target tersebut.

Amali menambahkan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir selalu berdiskusi dengan Shin Tae-yong tentang perkembangan dari para pemain. Saat ini, Asnawi Mangkualam Bahar cs sedang digembleng dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Antalya, Turki.

“Ketua Umum selalu berdiskusi dengan pelatih sejauhmana kemampuan dari anak-anak ini. Kita juga tidak bisa menargetkan hal yang muluk-muluk, sementara kita tidak realistis dengan kondisi kita sendiri,” kata Zainudin Amali.

Timnas Indonesia menjalani TC sampai 6 Januari 2024 mendatang. Selain berlatih, skuad Garuda juga bakal berujicoba sebanyak dua kali dengan Libya pada 2 dan 5 Januari.

Setelah itu, persiapan dilanjutkan di Qatar. Dan sebelum Piala Asia 2023 dimulai pada 12 Januari 2024, Indonesia akan menantang Iran dalam laga persahabatan pada 9 Januari. Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D bersama tim kuat Jepang, Irak dan Vietnam.

Pemain Timnas Indonesia Marc Klok menilai pemusatan latihan di Antalya, Turki, sangat penting agar Indonesia mampu bersaing di Piala Asia 2023. Hal ini dikarenakan menurutnya pola latihan selama di Turki sampai 6 Januari 2024 nanti adalah cara terbaik untuknya dan tim meningkatkan level sebelum berlaga di Piala Asia 2023.

“Hari ini latihan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, kita latihan lari fisik, kita latihan lompat, fisik-fisik semua fisik, untuk minggu ini atau dua minggu ini, supaya fisik kita terus naik sebelum mulai taktik,” kata Klok.

“Siap mental (berlaga di Piala Asia), tapi fisik sangat beda nanti di level Asia, saya juga harus kasih maksimal untuk ambil di level baru nanti dan dua minggu ini, tiga minggu ini, sangat penting buat saya dan tim semua untuk ke luar dari zona nyaman,” tambah Klok.

Meskipun cahaya matahari menyinari arena latihan, suhu tetap dingin berkisar sekitar 14 derajat celcius. Klok pun mengaku menikmati latihan dengan melahap seluruh menu latihan.

“Kondisi sangat baik, fit, sehat, happy, bersyukur saya di sini dengan teman-teman. Latihan sangat berat, kita butuh ini untuk Asian Cup nanti. Fisik harus naik dan sampai saat ini latihan sangat baik, semua saya pikir adaptasi dengan baik,” ujarnya. (m18/PSSI)

  • Bagikan