Tim Putra-putri Indonesia Atasi Korsel

  • Bagikan

SELANGOR (Waspada): Tim putri Indonesia berhasil menjadi juara Grup Z Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 usai menang dramatis 3-2 atas Korea Selatan di Selangor, Malaysia, Kamis (17/2).

Indonesia lebih dulu meraih keunggulan lewat Gregoria Mariska Tunjung (foto) yang tampil di partai pertama. Gregoria menang dua set langsung melawan Sim Yu Jin 21-6, 21-18. Indonesia lalu tertinggal 1-2 dari Korsel setelah kalah di partai kedua dan ketiga.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi kalah dari Baek Ha Na/Seong Seung Yeon dengan skor 20-22, 19-21, sedangkan Putri Kusuma Wardani takluk dari Lee Se Yeon dengan skor 16-21, 19-21.

Indonesia kemudian mampu menyamakan skor menjadi 2-2 lewat penampilan Lanny Tria Mayasari/Nita Violina Marwah di partai keempat. Lanny/Nita menang dua set langsung atas Kim Min Ji/Lee Seo Jin dengan skor 21-16, 22-20.

Dengan skor imbang 2-2, laga kelima jadi partai penentuan pemenang bagi Indonesia dan Korea Selatan. Indonesia menurunkan Stephanie Widjaja sedangkan Korea Selatan memainkan Kim Joo Eun. Stephanie sukses menanggung beban tampil di partai penentuan. Stephanie berhasil menaklukkan Kim Joo Eun dengan skor 21-11, 21-13.

Kemenangan atas Korea Selatan membuat Tim Indonesia mengakhiri fase grup dengan status sebagai juara grup. Di dua laga sebelumnya, Indonesia menang 4-1 atas Hong Kong dan 5-0 atas Kazakhstan.

Sukses tim putri diikuti tim putra Indonesia yang juga meraih kemenangan atas Korea Selatan juga dengan skor 3-2 pada babak penyisihan Grup A. Kemenangan Indonesia dibuka oleh Chico Aura Dwi Wardoyo yang tampil sebagai tunggal putra pertama. Chico bermain tenang untuk mengalahkan Jeon Hyeok Jin 21-18, 15-21, 21-19 selama 66 menit.

“Senang bisa melaksakan tugas dengan baik dan bisa sumbang poin kemenangan. Semoga dengan ini makin memotivasi teman-teman yang lain untuk bermain maksimal juga,” ujar Chico usai pertandingan.

Keunggulan yang dipegang Garuda Muda terlepas saat ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang tampil di partai kedua gagal menyumbang angka. Hanya dalam durasi 31 menit, pasangan berjuluk “Prayer” ini menyerah kepada Jin Yong/Na Sung Seung 10-21, 19-21.

“Kecewa tak bisa menyumbang poin untuk Indonesia. Setelah gagal saat lawan Hong Kong, kami kini kalah lagi. Yang pasti saya mendapat banyak pelajaran saat pertama kali di BATC ini. Ternyata tekanan mental di (turnamen) beregu itu berbeda dengan di kejuaraan perseorangan,” kata Yeremia.

Situasi bagi Indonesia semakin memburuk di partai ketiga, karena Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay yang tampil sebagai tunggal kedua dikalahkan Kim Joo Wan 18-21, 14-21.

Skuad Merah Putih mengejar ketertinggalan lewat pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang menyamakan kedudukan 2-2. Mereka menundukkan Noh Jin Seong/Yoon Dae Il dengan skor 21-13, 21-13 dalam 32 menit.

Indonesia pun memastikan posisinya ke semifinal dengan menyabet kemenangan kunci di partai kelima lewat Christian Adinata yang mengalahkan Jeong Min Sun dalam rubber game 21-19, 11-21, 21-17.

Kemenangan ini membuat Indonesia memastikan tiket semifinal. Ini menjadi kemenangan kedua Indonesia setelah di laga pertama sebelumnya mengalahkan Hong Kong 4-0.

Indonesia masih menyisakan laga terakhir Grup A melawan India. (m18/ant/cnni)

  • Bagikan