Ujicoba Timnas Jangan Jadi Tolok Ukur

  • Bagikan
Ujicoba Timnas Jangan Jadi Tolok Ukur
TIMNAS Indonesia akan melakoni laga ujicoba kedua melawan Libya di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Jumat (5/1) malam. PSSI

JAKARTA (Waspada): Direktur Teknik Timnas Indonesia, Indra Sjafri, menilai pertandingan ujicoba timnas jangan menjadi tolok ukur kemampuan tim.

Indra Sjafri menjelaskan bahwa saat pertandingan ujicoba, pelatih sedang menentukan skema permainan yang sesuai dan menyesuaikan adaptasi antar pemain.

“Namanya ujicoba, pasti ada hal-hal yang dicoba. Kejuaraan resmi, itulah yang menjadi ukuran bahwa tim itu oke atau tidak oke. Tapi di masa ujicoba, apalagi ini sudah lama pemain-pemain tidak berkumpul dan banyak yang baru bergabung. Tentu coach Shin butuh waktu untuk bisa tim ini solid,” kata Indra Sjafri di Jakarta, Kamis (4/1).

Pada pertandingan ujicoba pertama, Indonesia harus mengakui ketangguhan Libya dengan skor 0-4. Pada laga yang berlangsung di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Selasa (2/1), gol-gol Libya dicetak Ahmed Ekrawa, Omar Al Khouja, Nour Alquaib, dan Alaa Alqijdar.

Secara keseluruhan Indonesia dapat memberikan perlawanan, namun kesalahan-kesalahan dari pemain skuad Garuda membuat Libya dapat ke luar sebagai pemenang.

Timnas Indonesia akan kembali melakoni laga ujicoba melawan Libya pada Jumat (5/1) setelah itu terbang ke Qatar pada Sabtu (6/1). Sebelum turun di Piala Asia 2023, skuad Garuda akan melawan Iran dalam pertandingan ujicoba terakhir yang berlangsung Selasa (9/1).

Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung bersama Jepang, Vietnam, dan Irak di Grup D. Asnawi Mangkualam cs akan memulai kejuaraan yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali itu dengan melawan Irak pada 15 Januari pukul 21.30 WIB di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar.

Sementara itu, bek Timnas Indonesia Elkan Baggott telah bergabung dengan tim. Baggott mengutarakan semangatnya setelah bergabung pada pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu mengatakan dalam kondisi baik setelah terbang dari klubnya Ipswich Town.

“Hari yang bagus, kondisi lapangan juga baik, rekan-rekan yang lain juga dalam kondisi fit, saya siap untuk Piala Asia nanti,” kata Elkan dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis.

Bek bertinggi 1,96 meter itu absen pada laga ujicoba pertama Indonesia saat dilibas Libya dengan skor 0-4. Ia merupakan satu dari enam penggawa timnas selain Ernando Ari, Muhammad Riyandi, Sandy Walsh, Asnawi Mangkualam dan Shayne Pattynama yang tidak diturunkan pelatih Shin Tae-yong pada laga tersebut.

Elkan lalu mengomentari hasil laga ujicoba pertama itu. Meski kalah telak, ia mengaku tidak khawatir karena tim Garuda masih akan menjalani dua laga ujicoba yaitu melawan Libya pada Jumat (5/1) di Turki dan melawan Iran pada Selasa (9/1) di Qatar untuk mematangkan tim sebelum tampil di Piala Asia 2023 yang berlangsung 12 Januari sampai 10 Februari.

“Kita masih punya beberapa laga ujicoba lagi, jadi kami saat ini bersiap-siap untuk menghadapi semuanya dengan memanfaatkan waktu yang ada sebelum turnamen dimulai,” tutup pemain Ipswich Town itu.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku tidak khawatir dengan kekalahan skuad asuhannya saat menghadapi Libya.

“Para penggemar di Indonesia tidak perlu khawatir dengan kekalahan kemarin. Memang saya tidak melihat skor dan fisik pemain pasti capek. Hasil tersebut akan menjadi evaluasi untuk pertemuan selanjutnya,” kata coach Shin.

Secara tegas ia pun mengatakan bahwa pertandingan ujicoba pertama melawan Libya memang tidak dititikberatkan pada hasil pertandingan.

“Saya tidak menganggap pertandingan ini penting untuk (melihat) skor, menang atau kalah tidak terlalu penting. Ini adalah salah satu proses agar bisa melawan Irak dan antisipasi agar main lebih baik di Piala Asia,” tuturnya.

Untuk pertemuan kedua kontra Libya pada Jumat, coach Shin akan melalukan penyesuaian pemain dan strategi pertandingan. Kekalahan kemarin juga menjadi salah satu proses agar bisa menentukan formasi terbaik pada pertemuan kedua melawan Libya dan ujicoba ketiga menghadapi Iran.

“Mulai hari ini kami fokus ke pertandingan di tanggal 5 dan 9 (lawan Iran), nanti dari semuanya akan menjadi fokus untuk persiapan pada pertandingan (Piala Asia) tanggal 15,” ungkap Shin. (m18/ant/pssi)

  • Bagikan