Wolves FC Juara Turnamen Futsal Moderasi Beragama

  • Bagikan
Wolves FC Juara Turnamen Futsal Moderasi Beragama

Ketua IKA-PMII Langsa Novianda, didampingi Ketua terpilih DPD II KNPI Kota Langsa, Rizki Maulana, senior PMII Langsa, Rahmad Hidayat, saat menyerahkan hadiah kepada juara dalam turnamen futsal moderasi beragama, di Lapangan Masaro Futsal, Kecamatan Langsa Baro, Sabtu (9/12) malam. Waspada/Rapian.

LANGSA (Waspada) : Tim Wolves FC juara 1 pada turnamen futsal moderasi beragama yang digagas oleh Pengurus Cabang (PC) Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) Kota Langsa, di Lapangan Masaro Futsal, Kecamatan Langsa Baro, Sabtu (9/12) malam.

Untuk juara 2 diraih oleh GOA FC dan juara 3 diraih oleh Timber atau Papua FC, dimana turnamen futsal ini diikuti oleh 10 klub yang mengusung tema ‘Penerapan Moderasi Beragama Sebagai Wujud Dasar Pembangunan Toleransi Beragama di Kota Langsa Menuju Indonesia Maju’.

Ketua IKA-PMII Langsa Novianda, kepada wartawan Minggu (10/12) mengatakan bahwa olahraga ini bertujuan untuk menjalin silaturrahim dan menciptakan kebersamaan dalam keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) dengan bermain futsal.

“Toleransi harus dibangun mengingat adanya beberapa kasus keributan dalam olahraga yang melibatkan unsur SARA sehingga terjadi perang saudara sesama atlit, hal tersebut tidak kita inginkan khususnya dalam olahraga futsal di Kota Langsa,” jelasnya.

Moderasi beragama merupakan konsep yang menekankan pada sikap saling menghormati dan toleransi diantara kelompok agama yang berbeda. Konsep ini mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya masing-masing, tanpa adanya tekanan atau intimidasi dari pihak lain.

“Salah satu penerapan moderasi beragama dalam menjaga sikap tenang dan tidak mudah terprovokasi bisa kita terapkan dalam olahraga futsal ini,” terang Novianda.

Sebelumnya Ketua panitia, Budi Kamaluddin, melaporkan kegiatan ini diikuti oleh 10 tim futsal Kota Langsa diantaranya Goa FC, PMII FC, Speranza FC, Unsam Old Star, Muda FC, CND FC, IPNU FC, Timber atau Papua FC, Himala FC dan Wolves FC.

“Dalam kegiatan ini dibatasi hanya 10 tim futsal karena mengingat jumlah waktu yang disediakan untuk bermain hanya empat jam. Dalam permainan telah menetapkan aturan dan selalu menghimbau agar para pemain menjaga sportivitas,” kata Budi.

Hal senada Sekretaris panitia, Abdul Munir, menjelaskan aturan yang sudah ditetapkan agar para pemain merasakan kebersamaan dan menjunjung tinggi sportivitas dalam kebersamaan. Jika pertandingan sportif insya Allah kedepannya akan dibuat lagi acara yang sama seperti ini dan lebih meriah lagi.

Panitia juga memberikan hadiah berupa trophy, uang pembinaan serta piagam penghargaan kepada para juara dan kepada tim futsal yang belum meraih kemenangan agar berlapang dada.

Turut hadir Ketua terpilih DPD II KNPI Kota Langsa, Rizki Maulana, senior yang juga pendiri PMII Langsa, Rahmad Hidayat serta lainnya saat pembagian hadiah. (crp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *