MEDAN (Waspada): Program Studi S3 Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam UIN Sumatera Utara kembali mempromosikan Doktor ke 146 atas nama Dr. Wulan Dayu, SE, ME (Dosen Universitas Pembangunan Panca Budi Medan dan Pengurus MUI Kota Medan ) melalui disertasi berjudul “Pengembangan Loyalitas Konsumen: Analisis Strategi Pemasaran Islami Berbasis Pengalaman Pada Kuliner Legendaris Di Kota Medan”, pada Senin (30/6/2025) di Aula FEBI Kampus Tuntungan.
Telaah disertasi tersebut merumuskan subjectivism spirituality sebagai indikator baru yang lahir dari pendekatan pemasaran Islami berbasis pengalaman. Konsep ini menekankan bahwa spiritualitas adalah pengalaman subjektif yang6 sangat personal, bersumber dari internalisasi nilai-nilai keimanan dan ajaran Islam dalam setiap interaksi konsumsi. Subjectivism spirituality menggarisbawahi bahwa setiap individu memaknai spiritualitas secara berbeda, sesuai dengan tingkat keimanan, pengalaman batin, dan interpretasi ajaran agama yang mereka jalani.
Sebagai indikator baru dalam value co-creation, subjectivism spirituality menekankan pentingnya kolaborasi yang tidak hanya berfokus pada penciptaan nilai ekonomi, tetapi juga pada pencapaian keberkahan dan kepuasan spiritual. Melalui keterlibatan konsumen yang berlandaskan kejujuran, etika, dan keberkahan, tercipta nilai bersama yang tidak sekadar transaksional, melainkan transformasional.

Dengan mengedepankan dimensi emosional dan spiritual, subjectivism spirituality memperluas teori pemasaran tradisional yang sering kali hanya menekankan rasionalitas dan kepuasan material. Pendekatan ini memperkuat relevansi pemasaran Islami modern, yang memandang konsumen sebagai makhluk spiritual, bukan sekadar entitas ekonomi.
Sidang terbuka tersebut dipimpin oleh Prof Azhari Akmal Tarigan (WR 1) dan Prof. Syukri Albani Nasution (Dekan FEBI) Sebagai Sekretaris. Tim penguji ; Pof.Dr. Bahdin Nur Tanjung, SE, MM (eksternal), Prof.Dr.Mustapa6 Khamal Rokan, MH & Dr Nur Ahmadi bi Rahmani, M.Si ( internal), Prof.Dr.Muhammad Ramadhan, MA (Promotor), Dr. Yenni Samri Juliati, MA ( co.promotor). Dengan hasil terpuji dengan nilai 95 dan IPK 3.79.
Hasil disertasi ini diharapkan mampu memperkuat sistem pemasaran Islam khususnya untuk ukk-ukm di tengah pertarungan ekonomi global belakangan ini. (h01)
Selamat bude atas kelulsannya dengan hasil yg sangat memuaskan.
Semoga semangkin bermanfaat bagi banyak orang tetap rendah hati.
Dan dari materi yg d sampaikan semalam bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari²,sistem jual beli yg amanah dan mengikuti ajaran rasullullah