Scroll Untuk Membaca

Otomotif

AHM-TSC Uji Kompetensi Teknisi Honda

AHM-TSC Uji Kompetensi Teknisi Honda
Kecil Besar
14px

MEDAN (Waspada): PT Astra Honda Motor (AHM) terus berkomitmen menjaga dan meningkatkan mutu layanan purna jual di jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), salah satunya melalui kalibrasi kompetensi layanan dalam Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2025.

Memasuki penyelenggaraan ke-29 sejak pertama kali digelar pada tahun 1992, ajang ini menjadi wadah uji kompetensi sekaligus apresiasi bagi para teknisi dan service advisor Honda terbaik dari seluruh penjuru Indonesia.

Diselenggarakan di Astra Honda Safety Riding & Training Center (AHSRTC), Cikarang, Jawa Barat, kontes tahun ini mempertandingkan dua kategori utama, yakni Teknisi Pit Reguler dan Service Advisor.

Sebanyak 29 teknisi dan 29 service advisor yang telah lolos seleksi ketat dari tingkat sub regional hingga nasional, beradu keterampilan dalam menghadirkan layanan terbaik bagi konsumen sepeda motor Honda.

Antusiasme tinggi tercermin dari keikutsertaan lebih dari 7.500 teknisi dan 2.500 service advisor dari sekitar 3.700 jaringan AHASS di seluruh Indonesia. Proses seleksi berlangsung berjenjang mulai dari tahap sub regional (kabupaten/kota), final regional (provinsi), hingga tingkat nasional yang dilakukan sejak awal tahun oleh AHM bersama jaringan Main Dealer Honda. Setiap peserta wajib telah mengikuti pelatihan Technical Training Level 2 (TTL 2) dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun di AHASS.

Dalam kompetisi ini, teknisi diuji secara menyeluruh melalui pengujian teori, praktik meja, serta troubleshooting. Sementara itu, service advisor diuji dalam aspek teori, studi kasus, role play, hingga praktik langsung dalam melayani konsumen.

Seluruh aspek penilaian dirancang dengan merepresentasikan tantangan nyata di lapangan meliputi akurasi, efisiensi kerja, keamanan, serta kebersihan saat bekerja.

Tak hanya menilai dan menguji kemampuan teknis, AHM-TSC juga menjadi ruang kalibrasi dan penyelarasan standar layanan di seluruh jaringan AHASS. Hal ini sejalan dengan semangat AHM untuk terus menjaga konsistensi kualitas layanan kepada konsumen, di tengah dinamika perkembangan teknologi dan kebutuhan pelanggan yang semakin kompleks.

General Manager Technical Service Division AHM, VH Kunsala Krishna mengatakan pihaknya terus mengkalibrasi kemampuan teknisi Honda, diperkaya dengan semangat untuk terus berkembang sesuai perubahan kebutuhan konsumen.

“Lewat kompetisi ini, Honda ngin membentuk insan layanan yang tidak hanya terampil dan andal, tapi juga punya kepedulian tinggi terhadap konsumen dan siap tumbuh bersama perkembangan industri,” ujar VH Kunsala Krishna, Selasa (29/7).

Leo Wijaya, Vice Presdir PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati mengungkapkan pihaknya sangat mendukung gelaran AHM-TSC yang bukan sekadar ajang tahunan, melainkan bagian dari komitmen panjang dalam peningkatan kualitas layanan Honda di seluruh Indonesia.

Apresiasi Untuk yang Terbaik

Teknisi dan service advisor AHASS terbaik yang meraih peringkat pertama dalam AHM-TSC 2025 mendapatkan apresiasi berupa 1 unit motor Honda CUV e:, dan belajar langsung bersama teknisi-teknisi kelas dunia di ajang MotoGP Sepang, Malaysia. Sementara juara kedua dan ketiga mendapatkan uang tunai Rp10 juta dan Rp8 juta, serta kesempatan pembelajaran yang sama.

Penghargaan juga diberikan kepada instruktur Main Dealer pendamping juara satu dan Main Dealer dengan akumulasi nilai tertinggi, masing-masing senilai Rp10 juta. Tak ketinggalan, kategori AHASS Terbaik dan Rookie of the Year turut diapresiasi melalui Placard of Honors sebagai simbol dedikasi dan semangat belajar tinggi. (rel)

Kategori Teknisi AHASS

Juara 1: Muhamad Ramadhani (PT Trio Motor. AHASS Trio Motor Perintis, Banjarmasin)

Juara 2: Arif Prasetyo (PT Mitra Pinasthika Mulia. AHASS PT Cahaya Unggul Nusantara, Madiun)

Juara 3: Victor Saipul Pratama (PT Mitra Pinasthika Mulia. AHASS Asia Motor, Kabupaten Malang)

Kategori Service Advisor

Juara 1: Rico Hermawan (Astra Motor Nusa Tenggara Barat. AHASS Astra Motor Ampenan, Mataram)

Juara 2: Agus Widiyanto (PT Wahana Makmur Sejati. AHASS Bintang Alam Jaya, Tangerang)

Juara 3: Tri Yulianta (Astra Motor Kalimantan Timur 1. AHASS Rizki Kilo, Balikpapan)

Kategori Best AHASS:

Service Advisor: AHASS Astra Motor Ampenan

Teknisi: AHASS Trio Motor Perintis

Kategori Best Main Dealer: Astra Motor Nusa Tenggara Barat

Kategori Best Instructor:

Teknisi: Kustiono ( PT Trio Motor)

Service Advisor: Sultan Hartawan (Astra Motor Nusa Tenggara Barat)

Kategori Rookie of The Year:

Teknisi: Victor Saipul Pratama (PT Mitra Pinasthika Mulia. AHASS Asia Motor, Kabupaten Malang)

 Service Advisor: Agus Widiyanto (PT Wahana Makmur Sejati. AHASS Bintang Alam Jaya, Tangerang)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE
Pendidikan

MEDAN (Waspada.id): Semangat Honda dalam mendorong pendidikan vokasi terus digaungkan lewat seminar bertajuk “Honda Smart Technology 2025” di Sumatera Utara. Kali ini, dua sekolah kejuruan yakni SMK Swasta Sri Langkat…

Otomotif

MEDAN (Waspada.id): Momen Hari Pelanggan Nasional menjadi waktu tepat bagi Honda untuk semakin mempererat hubungan dan berbagi kebahagiaan bersama para pelanggan setianya. Berbagai kegiatan diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi sekaligus wujud…

Otomotif

MEDAN (Waspada.id): Melengkapi perjalanan dan rutinitas harian bersama motor impian selalu menjadi keinginan para pecinta sepeda motor. Dalam upaya mendukung keinginan tersebut, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda…

Otomotif

MEDAN (Waspada.id): Dalam rangka merayakan satu dekade kebersamaan dan solidaritas, bikers Honda PCX Club Indonesia (HPCI) menggelar kegiatan bakti sosial bertajuk “HPCI Berbagi” pada 6 September 2025. Aksi peduli ini…

Otomotif

MEDAN (Waspada.id): Menjaga performa sepeda motor agar selalu dalam kondisi prima tentu menjadi hal penting bagi setiap pengendara. AHASS, jaringan bengkel resmi Honda di Sumatera Utara, memahami kebutuhan tersebut dan…