IGTKI Medan Dukung Edufest Yayasan AHM

  • Bagikan
IGTKI Medan Dukung Edufest Yayasan AHM

MEDAN (Waspada): Potret sinergi bagi negeri dalam upaya berkontribusi melahirkan figur keselamatan berkendara (safety riding) tergambar jelas, saat dukungan nyata diberikan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI).

Mereka melakukannya pada aktivitas Yayasan Astra Honda Motor (AHM) bertajuk “Edufest, Figure #cari_aman” sebagai aksi nyata pengembangan model pengajaran keselamatan berkendara yang menyenangkan untuk anak usia dini di Sumut.

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati, mengungkapkan bahwa kegiatan “Edufest, Figur #cari_aman” merupakan bentuk sinergi dari Yayasan AHM dan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI).

“Tujuannya mendorong terciptanya budaya etika dan keselamatan berlalu lintas para Gen Alpha Sumatera Utara,” ujar Gunarko di Medan, Selasa (5/3).

Kolaborasi antara Honda dan IGTKI ini ditandai dengan dukungan untuk mengarahkan seluruh guru Kota Medan agar segera mendaftarkan diri melalui link khusus yang telah dipersiapkan Honda. Dari total yang mendaftar akan dipilih 45 guru PAUD yang telah memenuhi sejumlah kriteria, salah satunya kemampuan mengendarai sepeda motor.

Tuti Syahyuni SP, SPd, MPsi selaku Ketua IGTKI Medan, mengaku sangat menyambut baik dan mendukung digelarnya aktivitas “Edufest, Figure #cari_aman” yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru PAUD dalam proses ajar tentang pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara sejak dini.

Ajang Edufets ini sendiri akan menghadirkan rangkaian aktivitas yang akan mendukung penguatan kompetensi ke-45 guru PAUD tersebut. Tahapan pertama berupa training safety riding awareness akan memberikan pembelajaran mengenai cara berlalu lintas yang aman dan benar akan digelar pada 7 Maret 2024.
Tahapan selanjutnya, para Guru PAUD terpilih akan mengikuti “Talkshow & TFT for Kids” yang akan memperkaya wawasan dengan materi psikologi anak usia dini, pedagogi PAUD, public speaking, alat peraga edukasi anak , sosial media management, dan fokus discussion pada 26 s/d 28 April 2024.

Selanjutnya ajang Edufets akan memasuki babak penyisihan figure #cari_aman yang akan belangsung pada 10-28 Mei 2024. Pada sesi ini akan dipilih 5 guru PAUD terbaik dari total 45 figur untuk berkesempatan maju ke babak grand ginal yang berlangsung pada 12 Juni 2024.

Hingga akhirnya akan dilakukan proses inagurasi yaitu pemberian apresiasi dan pengukuhan figur #cari_aman terbaik Sumatera Utara.
Menurut Gunarko Hartoyo, pendidikan keselamatan berkendara pada anak usia dini tentunya berperan sangat penting untuk mengembangkan kepribadian serta mempersiapkan mereka untuk menjadi duta-duta safety riding masa depan.

Karena itu pihaknya berharap dapat terus bersinergi untuk membangun kualitas pendidikan keselamatan berkendara di wilayah Sumatera Utara. (rel)

  • Bagikan