MEDAN (Waspada): Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mengajak para pelajar, mahasiswa dan masyarakat bersinergi mengampanyekan budaya keselamatan berkendara dalam ajang bergengsi Safety Riding Short Movie Contest (SMC) 2025.
Unjuk kreativitas melalui video pendek yang inspiratif dan kekinian di sosial media ini diharapkan mempercepat dan memperluas penyebaran pesan keselamatan berkendara.
Bekerjasama Universitas Indonesia (UI) dengan mengusung tema “Safe Ride With Pride”, gelaran ini menghadirkan kampanye budaya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di Indonesia dengan gaya anak muda yang penuh warna, semangat dan inspiratif.
Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, pihaknya ingin peduli keselamatan berkendara menjadi gaya hidup anak muda melalui konten edukasi yang kekinian dan menyenangkan. Harapannya, generasi muda dapat menjadi bagian aktif dalam membangun budaya berkendara yang aman dan nyaman di Tanah Air
Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati mengungkapkan sangat menyambut baik digelarnya SMC 2025 yang bukan hanya sebagai ajang kompetisi, tetapi juga ruang berekspresi bagi anak muda dalam menyebarkan energi positif dan membangun budaya keselamatan berkendara.
“Melalui kegiatan ini, generasi muda diharapkan dapat terus berkontribusi positif bagi keselamatan berkendara di jalan raya,” ujar Gunarko Hartoyo, Selasa (24/6).
Sebagai wujud kolaborasi, Yayasan AHM dan Universitas Indonesia mengukuhkan 30 agen safety riding sebagai pelopor keselamatan berkendara di lingkungan kampus. Program ini menjadi bagian komitmen Road Safety Campaign Yayasan AHM yang dilaksanakan rutin.
Kompetisi SMC sendiri dapat diikuti dalam dua kategori, yaitu film pendek dan video TikTok Challenge. Kedua kategori tersebut terbuka bagi pelajar, mahasiswa, dan masyarakat selama periode Juni-Agustus 2025.
Para peserta ditantang membuat video keselamatan berkendara dalam bentuk film pendek berdurasi satu hingga tiga menit dan video kreatif pada media sosial TikTok berdurasi 30-60 detik. Para peserta dapat mengunggah karya terbaiknyandi Instagram, TikTok dan YouTube dengan menyematkan ajakan dan pesan membangun budaya kesadaran keselamatan berkendara. Seluruh informasi lomba dapat diakses melalui media sosial @yayasanahm dan @sahabat1hati. Program ini menyiapkan total hadiah puluhan juta rupiah untuk para pemenang. (rel)