160 Orang Lulus Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

  • Bagikan
160 Orang Lulus Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

JAKARTA (Waspada): Tahun ini, Tanoto Foundation melalui program Beasiswa Teladan atau Tanoto Scholars berhasil meluluskan 160 orang. Program beasiswa Tanoto Foundation yang dimulai sejak tahun 2006 dan bertransformasi menjadi program Teladan pada tahun 2018, secara total telah meluluskan 16 angkatan.

Teladan adalah program pengembangan kepemimpinan disertai beasiswa untuk mempersiapkan generasi muda menjadi pemimpin masa depan yang handal. Program yang lahir pada tahun 2019 ini memberikan para penerimanya berbagai pelatihan pengembangan kepemimpinan terstruktur, pelatihan soft skill, hingga dukungan untuk membangun jejaring profesional. 

Pada acara Graduation and Alumni Gathering TELADAN, Jumat (1/12/2023), Tanoto Foundation Indonesia Country Head, Inge Kusuma, menekankan kembali agar para lulusan untuk terus berdampak bagi masyarakat.

“Kami terus mendorong para Tanoto Scholars untuk Paying it forward!, berkontribusi kepada masyarakat dan komunitas di tempat adik-adik tinggal dan bekerja,” ujar Inge. 

“Lewat program Teladan, Tanoto Foundation berkomitmen untuk mendorong penguatan kepemimpinan dengan fokus pada empati, kerja sama, jiwa muda, networking dan determinasi. Semoga para lulusan dan alumni tetap bisa bersaing sebagai pemimpin masa depan dengan bekal yang diperoleh dari program kepemimpinan Teladan,” sambung Inge.

Pada wisuda program TELADAN angkatan 2023 ini, diberikan juga apresiasi kepada para alumni penerima beasiswa Tanoto Foundation yang telah berkontribusi di beberapa bidang utama (pendidikan, sosial, politik, kebudayaan, kesehatan, dan teknologi) serta memberikan pengaruh atau menginspirasi kaum muda Indonesia.

Para alumni penerima apresiasi tersebut adalah Agung Baskoro (Executive Director – Trias Politika Strategis) untuk kategori Education and Social Politic, dr. Anita Suryani, Sp.KO (Sport Medicine Specialist Doctor – EMC Sentul Hospital) untuk kategori Health, Bene Dionysius Rajagukguk (Actor, Writer, and Stand Up Comedian) untuk kategori Culture and Creativit, Prof. Dr.agr. Ir. Muhammad Cahyadi (Professor of Animal Science Biotechnology) untuk kategori innovation, dan Meidyatama Suryodiningrat (Ambassador Extraordinary and Plenipotentiary of the Republic of Indonesia to Romania accredited to the Republic of Moldova) untuk kategori Public Service.

Tahun ini Tanoto Foundation memilih satu Valedictorian, yaitu Verianti Liana.

“Mari berprestasi untuk membuktikan bahwa gender tidak menjadi penghambat bagi kesuksesan diri sendiri. Penghargaan ini untuk Ibu saya dan semua perempuan dan minoritas yang terdiskriminasi” ujar lulusan Universitas Brawijaya yang memiliki cita-cita menjadi researcher dan melanjutkan pendidikan di luar negeri ini.

Sebelum kegiatan wisuda, para Tanoto Scholars dan Alumni juga melakukan aksi pelestarian lingkungan dengan melakukan penanaman 400 bibit pohon dan membangun toilet di area Sungai Deli, Kecamatan Medan Maimun. 

Tanoto Foundation telah memberikan beasiswa kepada lebih dari 8.167 mahasiswa sejak tahun 2006. Saat ini Tanoto Foundation bekerja sama dengan 10 kampus mitra dalam menjalankan program kepemimpinan dan beasiswa TELADAN yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Hasanudin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, dan Universitas Mulawarman.(J02)

  • Bagikan