Darul Mursyid Kembali Raih 30 Medali Olimpiade PISA Tingkat Nasional 2022

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Di usianya yang ke-29 tahun pada 15 Maret 2022 lalu, pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) terus torehkan prestasi terbaik baik di tingkat Nasional maupun internasional.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains Darwis Simbolon menjelaskan bahwa pada Olimpiade Posi Science Assessment (PISA) yang digelar secara online 6 Maret 2022, Darul Mursyid kembali raih 30 medali untuk Jenjang SMA/MA dan SMP/MTs. “Alhamdulillah Olimpiade PISA berjalan dengan baik dan hasilnya telah diumumkan dengan pada laman https://member.posi.id dengan hasil yang sangat memuaskan.

Beberapa santri Darul Mursyid berhasil meraih medali diantaranya untuk tingkat Mts pada bidang studi IPA medali diraih Hawa Sinaga (Medali Perak) dan Alfarel Detata (Medali Perunggu). Bidang Geografi diraih oleh Irsan Riski (Medali Perunggu). Bidang Kebumian diraih oleh Sopi Aura Nisa (Medali Perak), Suci Asrini (Medali Perak), Amanda Riski (Medali Perunggu), Nur Faza (Medali Perunggu), Zahra Maulida (Medali Perunggu).

Bidang Kimia diraih Fatimah Nurmawati (Medali Perunggu). Bidang Astronomi diraih oleh Adrian teguh (Medali Emas), Rahmi Raihan (Medali Perak), Najmi Asifah (Medali Perak). Bidang Biologi diraih oleh Andika Prama yufdi (Medali Emas), T M Rafly (Medali Perunggu), Fatia Khusnaini (Medali Perak).

Untuk bidang Ekonomi diraih oleh Ihsan Riski (Medali Perak), Hutri Sapta (Medali Perunggu). Bidang Fisika diraih oleh Tiamse Novair (Medali Perunggu), Nur Husnil (Medali Perunggu). Bidang Komputer diraih oleh M.Thariq Aulia (Medali Emas), Nayla Mukhbita (Medali Perak), M.Aziz Setiawan (Medali Perunggu), Cindy Aulia (Medali Perunggu). Untuk bidang Matematika pada MTs diraih oleh santri atas nama Khairuman Sastranegara (Medali Emas) dan Filda Melani (Medali Perunggu).

Kemudian untuk tingkat SMA/MA bidang Matematika diraih oleh santri atas nama M. Thariq Aulia (Medali Emas), Azfa Riziq (Medali Emas), Aldi Firmansyah (Medali Emas), Fadhli Fahlevi (Medali Perak), Atikah Nazla (Medali Perunggu).

Rismauli Manurung S.Pd guru pembina olimpiade Darul Mursyid memaparkan keberhasilan santri-santri Darul Mursyid pada ajang olimpiade PISA akan menjadi motivasi bagi santri lain untuk terus mengukir sejarah prestasi dalam rangka mengislamisasikan ilmu sains. Ia mengatakan, ini adalah hadiah yang sangat berharga untuk Pesantren Darul Mursyid dan juga bagi guru pembimbingnya.

Menanggapi keberhasilan ini Drs Yusri Lubis selaku Direktur Pesantren Darul Mursyid menyatakan rasa syukur atas prestasi yang telah ditorehkan oleh santri-santri Darul Mursyid. “Terimakasih kepada tim olimpiade Darul Mursyid, pembimbing serta Bapak Ibu dan karyawan semuanya baik yang terlibat langsung ataupun tidak langsung yang telah menunjukkan kualitas Pesantren Darul Mursyid yang terus meningkat dalam hal prestasi olimpiade sains,” ucapnya.

Ja’far Syahbudin Ritonga selaku Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) juga ketua Lembaga Pemberdayaan Umat Pesantren Darul Mursyid mengaresiasi prestasi santri Darul Mursyid yang terus mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan medali kali ini sampai 30 medali pada satu olimpiade. “Raih terus prestasi demi kemajuan sains Islam, Insya Allah dengan terus menambah prestasi Pesantren Darul Mursyid, menunjukkan bahwa kita masih konsisten dalam pencapaian visi dan misi sebagai pusat kejayaan sains dan peradaban Islam di Sumatera bagian tenggara. Insya Allah kita tidak akan pernah berhenti untuk mengikuti event perlombaan bergengsi dimanapun. Teruslah berjuang demi untuk kemajuan Islam, bangsa, Pesantren Darul Mursyid.” tuturnya.(h02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *