Scroll Untuk Membaca

Pendidikan

Digital Marketing

Digital Marketing
Kecil Besar
14px

TEKNOLOGI saat ini terus berkembang dan pemanfaatan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya.

Teknologi informasi juga telah mengubah dunia pemasaran dalam beberapa tahun terkhir ini, metode komunikasi yang bersifat tradisional dan konvesional kini telah terintegrasi dengan dunia digital. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi sering di sebut digital marketing.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Digital marketing adalah kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web seperti blog, e-mail, adwords ataupun jejaring sosial.

UMKM merupakan sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional, UMKN mampu menciptakan lapangan kerja baru, pendapatan baru, dan mengurangi kemiskinan. UMKM adalah jenis usaha rakyat yang jumlah kekayaan bersihnya tidak lebih dari 200.000.000 rupiah, namun tanah dan bangunan tidak dihitung.

Berdasarkan  laporan data  Insight  Center terdapat tiga tantangan utama yang dialami pelaku UMKM ketika berniat beralih  ke  pasar  digital,  yaitu  kurangnya  literasi  digital,  kurangnya pengetahuan  e-commerce  dan  pemasaran  digital,  serta  ketidak siapan tenaga ahli yang dimilik.

Berdasarkan survei dari BPS mengidentifikasikan berbagai kelemahan dan  permasalahan yang  dihadapi  UMKM berdasarkan  prioritasnya,  yaitu meliputi:  (a) kurangnya permodalan, (b) kesulitan dalam pemasaran, (c) persaingan usaha yang ketat, (d) kesulitan bahan baku, (e) kurang teknis produksi dan keahlian, (f) kurangnya keterampilan manajerial (SDM) dan  (g)  kurangnya  pengetahuan  dalam  masalah  manajemen khususnya  bidang  keuangan  dan akuntansi. Pemasaran adalah masalah mendasar yang juga dihadapi oleh pengusaha kecil.

Strategi digital marketing bagi UMKM dalam menggunakan media sosial mencakup 4 (empat) hal berikut ini. 1) Konten yang interaktif dan menarik, konten interaktif menjadi satu andalan bagi brand mengajak masyarakat untuk berinteraksi dan efektif dalam mengedukasi calon pembeli. Informasi dan kredibilitas konten dapat mempengaruhi penggunaan pemasaran ponsel Haghirian & Inoue, 2007, Okazaki, 2007.

Peran strategi digital marketing sangat penting dalam mengikuti perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik konsumen dan mengarahkannya pada perpaduan antara komunikasi elektronik dan komunikasi tradisional.

Pelaku usaha harus beradaptasi dengan teknologi agar mampu bertahan dan meningkatkan pendapatan. Digital marketing merupakan perubahan tren yang sangat cepat, baik dari sisi teknologi maupun perilaku konsumen.

Pelaku usaha dinamis dan responsif dalam melakukan pengelolaan aktivitas digital marketing. Untuk itu pelaku usaha dapat bersinergi dengan pemerintah, stakeholder dan perguruan tinggi untuk meningkatkan pengetahuan terkait dengan teknologi digital. *Penulis Dika Maharani Hasibuan SM ((Mahasiswa S2 Ilmu Manajemen FEB USU) & Dr Endang Sulistya Rini SE MSi (Dosen S2 Ilmu Manajemen USU).

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE