Dosen USU  PPM Di SMP Swasta PTPN IV Dolok Ilir

  • Bagikan
Dosen USU  PPM Di SMP Swasta PTPN IV Dolok Ilir

MEDAN (Waspada): Untuk meningkatkan jumlah siswa baru di SMP Swasta Yapekdi PTPN IV Dolok Ilir  belum lama ini Tim PPM USU melakukan kegiatan pengabdian yang berfokus pada kegiatan pembinaan berkelanjutan dalam  strategi promosi untuk meningkatkan jumlah siswa baru.

Dr. Amlys Saputra Silalahi, M.Si,  dosen Fakultas Ekonomi USU sekaligus WD 1 FEB USU, didampingi ketua pemgabdian Dr. Drs. Hariadi Susilo, M.Si, dan  Dra. Salllyanti, M.Hum dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB USU) mengatakan,  SMP Swasta PTPN IV Dolok Ilir, atau lebih dikenal dengan sebutan SMP Yapekdi, menjadi salah satu lokasi PPM USU.

Menurutnya SMP ini didirikan tahun 1973 dan mulai beroperasi tahun 1974. SMP Yapekdi yang beralamat di Jalan Yogyakarta, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun berada dalam naungan Yayasan PTPN IV. Saat ini SMP Yapekdi dipimpin Kepala Sekolah yang Ibu Aidawani, S.Pd.

“Selama lima tahun terakhir, data menunjukkan jumlah siswa baru yang mendaftar mengalami penurunan. Karena itu promosi dapat dilakukan dengan proses memberikan pengaruh kepada para konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga konsumen bisa memberikan keputusan untuk membeli barang,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) kepada guru dan masyarakat. Hasil FGD kegiatan pengabdian pada masyarakat di SMP Swasta PTPN IV Dolok Ilir bertujuan untuk meningkatkan jumlah siswa baru yang mendaftar di sekolah SMP Swasta PTPN IV tersebut.

Menurut Ketua Pengabdian Hariadi Susilo untuk  melakukan kegiatan pembinaan berkelanjutan strategi promosi ini, Tim PPM USU membuat brosur dengan format yang menarik untuk dibagikan kepada masyarakat serta pemasangan  spanduk  di lingkungan sekitar sekolah sebagai cara menyebarkan informasi untuk mendapat perhatian  tentang keberadaan dan prestasi sekolah ini.

Selanjutnya, TIM juga memberikan beasiswa kepada 10 orang siswa berupa kelengkapan sekolah, sepert pakaian pramuka dan rangsel dan bagi yang mendaftar dan melanjutkan pendidikan di SMP ini.

Tim juga melakukan renovasi ruangan kelas, dimulai dengan perbaikan lantai dan dinding kelas agar kondisinya semakin baik sehingga dapat dipergunakan siswa/i untuk belajar dengan nyaman Tim PPM USU berharap  strategi promosi ini dapat mencapai tujuan, yakni menambah jumlah siswa baru yang mendaftar.

“Untuk  tahun ajaran 2023/2024 ini ada sebanyak 20 orang siswa baru yang mendaftar. Semoga makin kedepan terus makin bertambah jumlah siswa di SMP Swasta PTPN IV Dolok Ilir (SMP Yapekdi) agar dapat mengembalikan kejayaannya di masa lalu,” ujarnya. (h02)

  • Bagikan