Fakultas Kehutanan USU Gelar Coaching Penyusunan Proposal PKM

  • Bagikan
Fakultas Kehutanan USU Gelar Coaching Penyusunan Proposal PKM
Pendampingan (coaching) penyusunan proposal PKM selama dua hari. (Waspada/Ist)

DELISERDANG (Waspada): Dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa, Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar pendampingan (coaching) penyusunan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) selama dua hari sejak Rabu (24/1) hingga Kamis (25/3) di Kampus Kwala Bekala, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian Fakultas Kehutanan USU Dr. Ir. Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut., M.Si mengatakan, Fakultas Kehutanan menyelenggarakan coaching/ pendampingan penyusunan proposal PKM merupakan bagian dari upaya Fakultas Kehutanan dalam pencapaian prestasi mahasiswa melalui kompetisi ide kreatif dan inovatif berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

“Tahun lalu, ada 2 proposal PKM dari mahasiswa Fak Kehutanan USU yang berhasil mendapat pendanaan dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Direktorat Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti),” kata Alfan Gunawan, Kamis (1/2).

Dengan keberhasilan itu, lanjut Alfan Gunawan mengaku memiliki target peningkatan hingga 11 proposal. “Oleh karenanya Fakultas Kehutanan pada tahun 2024 ini menargetkan jumlah proposal PKM mahasiswa yang lulus pendanaan Belmawa bertambah menjadi 11 proposal,” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Kehutanan Dr. Ir. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si menegaskan bahwa selain lulus pendanaan Belmawa, target PKM di tahun 2024 untuk mahasiswa Fakultas Kehutanan adalah 5 tim PKM lulus masuk di ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) dan mendapatkan juara.

Sedangkan Ketua Program Studi S1 Kehutanan Dr Ir Tito Sucipto, S.Hut., M.Si menambahkan, mahasiswa yang ikut berkompetisi dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa akan mendapatkan rekognisi sejumlah SKS sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan USU dan Kemendikbud.

Kegiatan coaching/pendampingan penyusunan proposal Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dikoordinir, Tim PKM Corner Fakultas Kehutanan yang diketuai oleh Dr. Anita Zaitunah, S.Hut., M.Sc, dengan narasumber yakni Dr Rini Hardiyanti, S.TP dan Suri Mutia Siregar, S.Psi., M.Psi dari Unit PKM Center USU.

“Selama 2 hari peserta terbagi dalam 11 kelompok PKM mendapatkan bimbingan langsung dari narasumber dan dosen pembimbing terkait dengan bedah ide kreatif yang akan diajukan dan teknis penyusunan proposal PKM sesuai dengan panduan dan template yang sudah ditetapkan Kemendikbud,” ujarnya.(a16)

  • Bagikan