Hari Raya Idul Adha 1444 H, YPSA Sembelih 10 Sapi Dan 19 Kambing 

  • Bagikan
Hari Raya Idul Adha 1444 H, YPSA Sembelih 10 Sapi Dan 19 Kambing 

MEDAN (Waspada): Keluarga Besar Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah (YPSA) melalui Badan Kenaziran Masjid Shafiyyatul Amaliyyah (MSA), mengumpulkan hewan kurban untuk disembelih pada hari Raya Idul Adha 1444 H sebanyak 10 ekor Sapi dan 19 ekor Kambing di Bumi Perkemahan YPSA dan lapangan Raz Garden YPSA, Kamis (29/6/2023).

Pengurus MSA Azhar Fauzi, M.Pd.I, mengatakan, rangkaian kegiatan shalat Idul Adha dan penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban bulan Zulhijah di YPSA, merupakan pembelajaran bagi seluruh elemen masyarakat terutama siswa-siswi YPSA.

“Peristiwa penting yang terjadi di bulan Zulhijah yakni penyelenggaraan ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban. Mengutip Hadis Riwayat Tirmidzi, Tidak ada amalan yang diperbuat manusia pada hari raya kurban yang lebih dicintai Allah selain menyembelih hewan.

“Yang terpenting dari pelaksanaan ibadah qurban adalah takwa dan keihklasan kita, karena daging dan darah kurban tidak sampai kepada Allah, tapi yang sampai kepada Allah adalah ketaqwaan kita sebagaimana yang dijelaskan dalam Al Qur’an Surat Al Hajj ayat 37 bahwa,” ujarnya.

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah, pahalanya telah diterima di sisi Allah SWT. Maka tenangkan lah jiwa dengan berkurban”, jelas Azhar Fauzi yang juga menjabat Kepala Departemen Keislaman dan  Dakwah YPSA ini.

Fauzi menambahkan lagi, peserta kurban terdiri dari Pengurus YPSA ditambah dengan siswa-siswi, orangtua siswa, SDM YPSA dan masyarakat umum. Dengan penyelenggaraan kurban ini diharapkan siswa-siswi dapat memaknainya, agar saling berbagi dan mewujudkan rasa syukur kepada Allah SWT. Pembagian daging qurban dilaksanakan pada sore harinya dan diberikan kepada masyarakat sekitar, fakir miskin, SDM YPSA dan beberapa Panti Asuhan sekitar YPSA.

Sebelum pemotongan hewan kurban, keluarga besar YPSA melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H, Kamis (29/6/2023) di lapangan hijau Raz Garden YPSA. Ustadz DR. H. Ahmad Zuhri, Lc., MA., menjadi Imam dan Khatib pelaksanaan shaplat Idul Adha 1444 H dilapangan hijau Raz Garden YPSA yang dihadiri oleh civitas akademika YPSA dan warga sekitar YPSA. Ustadz Zuhri dalam ceramahnya mengangkat tema “Ibadah Kurban Dilihat dari Empat Dimensi”.

Tampak juga Pembina YPSA Buya Drs. H. Sofyan Raz, Ak., M.M., Ketua Umum YPSA Umi Hj. Rahmawaty Sofyan Raz, Sekretaris Umum YPSA Hj. Rizki Fadilah Raz, M. Psi. Psikolog., Pengawas Umum YPSA Dr. Hasfi Fauzan Raz, yang turut melaksanakan shalat Idul Adha berjamaah.(h02)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *