Implementasikan Kurikulum P5 SMA Istiqlal Gelar Pemilu OSIS

  • Bagikan
Implementasikan Kurikulum P5 SMA Istiqlal Gelar Pemilu OSIS

MEDAN (Waspada):  Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Istiqlal Delitua, menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2024-2025. Sistim pemilihan ini diadakan persis seperti pemilihan kepala daerah atau presiden dan wakil presiden di Indonesia dengan cara melakukan pencoblosan secara langsung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (20/1) selain merupakan pembelajaran berdemokrasi sejak dini yang diberikan kepada siswa juga merupakan implmentasi dari kurikulum P5 Proyek Merdeka Belajar  atau pelajar Pancasila dengan menggunakan prinsip demokrasi yaitu menggunakan hak yang dimiliki untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.

Implementasikan Kurikulum P5 SMA Istiqlal Gelar Pemilu OSIS

Adapun yang mempunyai hak pilih adalah seluruh peserta didik Kelas 10, 11 dan 12. Acara pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua ini dimulai pukul 07.30 WIB, dilaksanakan di halaman SMA Istiqlal yang dipandu oleh Jumai, S.Pd selaku Kordinator OSIS sekaligus Waka Kesiswaan SMA Istiqlal Delitua dan diikuti oleh empat Pasangan Calon (Paslon) Ketua dan Ketua OSIS.

Acara diawali dengan penyampaian visi dan misi keempat Paslon di hadapan seluruh siswa peserta pemilih, usai penyampaian visi dan misi dilanjutkan dengan pencoblosan yang dilaksanakan di GOR Perguruan Istiqlal Delitua yang diikuti empat Paslon yaitu PASLON 1  Calon Ketua M. Fachry Ramadhan Hrp, Wakil M. Ghaly Novanda. PASLON 2 , Ketua Alia ramadhani, Salsa Anugrah, PASLON 3   Ketua Andika Dira Pratama, Wakil Ketua Nazwa Maulina, PASLON 4 Ketua Rizky Ilham, Wakil Ketua Tiara Sabil.

Berhasil terpilih sebagai pemenang pada Pemilu OSIS tersebut adalah pasangan nomor urus 1 dengan perelehan suara sebanyak 272 suara atas nama M. Fachry Ramadhan Hrp sebagai Ketua OSIS dan Wakil Ketua M. Ghaly Novanda.

Koordinator OSIS Jumain S.Pd mengatakan, bahwa ini merupakan pemilihan bagi Ketua dan Wakil Ketua yang baru karena selama dua periode OSIS SMA Istiqlal di pimpin oleh Hudzaimah dan pada Pemilu OSIS kali ini tidak bisa lagi mencalonkan karena sudah kelas 12. 

Menurutnya kegiatan ini masih terkait dengan pembelajaran siswa kelas 10 tentang dengan menggunakan kurikulum merdeka, dengan materi hari ini tentang suara demokrasi yang merupakan wujud dengan pelajaran di kelas.

Kegiatan ini sendiri digelar diikuti empat Paslon yang sebelumnya telah mendaftar sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan dengan mengumpulkan biodata kemudian dilakukan seleksi berkas dan menyampaikan visi misi untuk selanjutnya ditetapkan sebagai calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Istiqlal Delitua.

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi siswa terutama kegiatan ini digelar menjelang kegiatan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang sebentar lagi akan dilaksanakan, dan kita berharap ini dapat menjadi ajang bagi mereka untuk lebih memahami bagaimana Pemilu yang sesungguhnya itu di gelar.

Sementara itu Kepala SMA Istiqlal Delitua Drs H. Enda Tarigan dalam sambutannya menjelang pelaksanakan Pemilu OSIS SMA Istiqlal mengatakan, bahwa kegiatan ini selain memang sudah saatnya melaksanakan periodeisasi kepengurusan OSIS SMA Isiqlal.

Kemudian menurutnya kegiatan ini juga terkait dengan implemenasi kurikulum P5  yang saat ini dilaksanakan di SMA Istiqlal Delitua. Dia berharap kepada seluruh siswa untuk menggunakan hak pilihnya karena ini juga merupakan pembelajaran bagi siswa khususnya siswa kelas 12 yang mungkin akan menjadi pemilih pemula pada kegiatan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Hal yang sama juga disampaikan Guru PKN SMA Istiqlal Delitua Surya Darma Pasaribu,S.Pd menyambut baik kegiatan ini sebagai pengaplikasian dari pembelajaran berdemokrasi yang dilaksanakan di kelas. “Semoga ini bisa menambah pemahaman siswa tentang proses  demokrasi yang dilaksanakan di kelas,” ujarnya. (h02)

  • Bagikan