Scroll Untuk Membaca

Pendidikan

Indikator Konsumen Pilih Belanja Online

Oleh: Salwa Algia Mawarid Lubis (Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi & Bisnis USU)

Indikator Konsumen Pilih Belanja Online
Kecil Besar
14px

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Indikator Konsumen Pilih Belanja Online

IKLAN

PERKEMBANGAN teknologi dalam berbagai bidang saat ini bertumbuh sangat pesat, tak terkecuali teknologi dalam bidang internet.

Semenjak istilah internet diperkenalkan secara umum pada tahun 1972, pengguna internet pada tahun 2022 mencapai lebih dari 8 milyar pengguna di seluruh dunia.

Untuk perkembangan jumlah pengguna internet dalam lima tahun terakhir 2017-2022, posisi teratas dipenuhi oleh negara-negara berkembang dan Indonesia menduduki peringkat kedua dengan tingkat perkembangannya 82,66%.

Dengan munculnya internet membawa dampak perubahan dalam praktik bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dan merupakan suatu peluang bagi perusahaan untuk menjalankan e-commerce.

Oleh karena itu dilakukanlah mini survey untuk mengetahui bisnis e-commerce apakah yang paling disenangi oleh masyarakat indonesia, dari hasil mini survey yang dilakukan ternyata bisnis online yang paling diminati pelanggan adalah platform belanja online.

Dengan dilakukannya survey ingin mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi pelanggan lebih suka berbelanja di situs online.

Survey ini melibatkan 100 responden yang pernah menggunakan situs belanja online di Kota Medan. Hasil dari survey ini maka diperoleh lah 7 faktor yang memengaruhi minat beli secara online yaitu: faktor interface design, faktor time & effort cost, faktor ease of use, faktor shopping experience, faktor service quality, faktor perceived quality dan faktor delivery.

Terdapat dua puluh sembilan indikator pernyataan yang diamati oleh pensurvey yang diperoleh dari konsumen sebagai masukan bagi toko belanja online tentang apa value yang dirasakan oleh konsumen dengan menjatuhkan pilihan pada situs belanja online.

Produk yang datang sama dengan yang ada dalam situs web yaitu berbagai kumpulan review konsumen mengatakan deskripsi barang yang ditulis dalam website adalah barang yang datang original sesuai dengan apa yang mereka pesan di website sehingga semua informasi produk dan kontak yang ada di toko online adalah benar.

Maka berikut informasi dari pengamatan yang dilakukan oleh pensurvey terhadap kepuasan situs belanja di toko online sebagai berikut:
1. Toko online dapat mudah diakses .
2. Prosedur pembayaran mudah.
3. Memudahkan proses pencarian barang.
4. Toko online selalu memberikan pelayanan yang berkualitas.
5. Kualitas produk yang diterima tidak sesuai dengan foto/keterangan yang dijelaskan oleh pihak toko online.
6. Proses pembelian mudah.
7. Toko online memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda.
8. Berbelanja online lebih menghemat waktu dibandingkan berbelanja secara offline.
9. Toko online menjaga produk dalam pengiriman barangnya.
10. Menawarkan banyak pilihan produk.
11. Sistem pencarian mudah dipahami.
12. Memperlakukan pelanggan dengan cara yang baik.
13. Menyediakan produk dengan kualitas yang baik.
14. Menepati janjinya kepada konsumen.
15. Memberikan informasi harga yang jelas di setiap produknya.
16. Memberikan sistem pembayaran yang aman.
17. Situs memberikan kenyamanan kepada calon pembeli.
 18. Memiliki berbagai jenis produk.
19. Memiliki reputasi penjualan yang sudah baik.
20. Memberikan kemudahan transaksi pembayaran.
21. Tampilan interface di aplikasi handphone membuat tertarik untuk berbelanja.
22. Memiliki harga yang bervariasi.
23. Berbelanja online lebih menghemat tenaga dibandingkan berbelanja secara offline.
24. Menjaga privacy para pelanggan.
25. Memberikan spesifikasi yang jelas pada setiap produk.
26. Memiliki stok barang untuk setiap produk yang akan dijual.
27. Tampilan interface di website membuat tertarik untuk belanja.
28. Memberikan penjelasan cara bertransaksi yang jelas.
29. Pengiriman barang sering tidak sesuai dengan waktu yang di janjikan.

Dari pengamatan di atas dapat dilihat faktor- faktor yang memengaruhi minat beli yang tinggi secara online adalah faktor interface design, time & effort cost, ease of use, shopping experience, service quality, Perceived Quality dan delivery. Itulah ke 7 faktor yang mempengaruhi minat beli di toko online.
 
Saran

Toko online harus mampu mempertahankan kualitas pelayanan bahkan dari yang belum sesuai dengan ekspektasi konsumen, terutama pada keluhan yang ada seperti:
1. Toko online terkadang lamban dalam menangani keluhan yang ada pada konsumen.
2. Produk dikirimkan cepat dan tepat waktu tetapi tidak sedikit juga konsumen merasa kecewa pada produk yang telat sampai.
3. Toko online memberikan garansi yang butuh waktu lama untuk mengklaim barang  yang sesuai dengan apa yang tertera pada produk.
4. Produk yang datang sama dengan yang ada dalam situs web tetapi tidak sedikit juga kecewa karena produk tidak sesuai tengan deskripsi penjual.
5. Semua informasi produk dan kontak yang ada di toko online adalah benar.

*Penulis adalah Mahasiswa dan Dosen (Dr. Endang Sulistya Rini, SE., Msi) S2 Ilmu Manajemen FEB Universitas Sumatera Utara
 

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE