Scroll Untuk Membaca

Pendidikan

Membangun Peluang Bisnis UMKM Di Era Society 5.0

Oleh Fani Agustriani & Dr Endang Sulistya Rini SE MSi

Membangun Peluang Bisnis UMKM Di Era Society 5.0
Kecil Besar
14px

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Membangun Peluang Bisnis UMKM Di Era Society 5.0

IKLAN

PADA zaman sekarang, istilah Era Society 5.0 implementasinya sudah sangat meluas. Mempersyaratkan tiga kemampuan utama yang perlu dimiliki setiap individu dalam mengembangkan usahanya seperti UMKM, yaitu creativity, critical thinking, communication and collaboration.

Dan sekarang semua orang menjadi masyarakat 5.0. Nah apa itu era Socienty 5.0 ? Menurut Wikipedia Artinya Masyarakat 5.0 atau Masyarakat Super Pintar adalah konsep masyarakat masa depan yang diusulkan oleh Jepang.

Masyarakat 5.0 merupakan masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem yang sangat mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik.

Selama pandemi, kita melihat banyak UMKM terpuruk, tapi begitu kita melihat saat ini sebanyak 84,8% UMKM yang tadinya terpuruk sudah kembali beroperasi normal. Sebelumnya, kondisi UMKM lokal sempat menurun pada dua tahun pertama pandemi Covid-19 yakni di tahun 2020-2021.

Berdasarkan survei dari UNDP dan LPEM UI yang melibatkan 1.180 responden para pelaku UMKM diperoleh hasil bahwa pada masa itu lebih dari 48% UMKM mengalami masalah bahan baku, 77% pendapatannya menurun, 88% UMKM mengalami penurunan permintaan produk, dan bahkan 97% UMKM mengalami penurunan nilai aset.

Bagaimana cara UMKM bisa bangkit dan bisa memanfaatkan peluang di Era society 5.0? Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi pengguna internet terbesar di dunia. Menurut laporan We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Tanah Air per Januari 2022. Sehingga Pemerintah diharapkan bisa terus mendukung perluasan jangkauan internet ke seluruh pelosok negeri. Sebab, di era digital ini internet bisa sangat membantu masyarakat dalam mengakses informasi, baik untuk kepentingan edukasi, bisnis UMKM dan hiburan.

Dengan adanya teknologi yang terus bertumbuh di era digital, masyarakat 5.0 bisa mendapatkan cuan dan memanfaat kan peluang-peluang. Khususnya anak muda yang punya creativity yang tinggi mempunyai kemampuan berpikir membuat yang namanya konten yang sangat kreatif dan berpikir kritis dan berkolaborasi di dunia maya yang dikenal dengan conten creator.

Tujuannya apa untuk mengembangkan ide ide atau gagasan yang dijadikan sebuah karya yang bervalue dan menjadi pengaruh untuk orang lain dan bermanfaat untuk banyak orang. Bisa dari ide usaha, memasarkan sebuah produk, menceritakan biografinya, pengalamannya serta mengedukasi orang pada suatu bidang.

Dengan bermodalkan alat atau tools seadaanya juga menjadikan kita kelompok manusia di era 5.0 membuat sebuah karya yang bernilai. Sehingga UMKM bisa mengambil peluang ini dengan cara berkolaborasi dengan conten creator untuk memasarkan produknya lebih luas untuk mendapatkan target pasar yang sesuai harapan  atau menjadi konten kreator dan siap bersaing.

Oleh karena itu, tantangan dan peluang dalam membangun Inovasi, creativity, critical thinking, communication and collaboration pada pembisnis UMKM di Era society 5.0  dapat merubah pola pikir dan sudut pandang yang luas dari segala sisi, serta meningkatkan daya saing UMKM di era global.

Dengan menjadi masyarakat society 5.0 kita bagian dari perubahan untuk bisa mempersiapkan segala perubahan yang akan terjadi di masa depan, dan berarti kita siap berubah membuat tantangan menjadi peluang, memiliki kesulitan menjadi kekuatan. *Penulis Mahasiswa dan Dosen S2 Ilmu Manajemen FEB Universitas Sumatera Utara

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE