Raih Penghargaan Alumni Awards USU 2023 Katagori Sociopreneur, Sugianto Berwirausaha Sambil Beramal

  • Bagikan
Raih Penghargaan Alumni Awards USU 2023 Katagori Sociopreneur, Sugianto Berwirausaha Sambil Beramal

MEDAN (Waspada): Sugianto, S.T, M.Kom alumni pasca sarjana jurusan teknik informatika Universitas Sumatera Utara (USU), salah seorang praktisi digital marketing yang juga founder tempatpkl medan.com berhasil meraih penghargaan Alumni Awards USU 2023 kategori humanitarian dan Sociopreneur.

Pemberian anugerah ini dilaksanakan di auditorium Universitas Sumatera Utara melalui kegiatan USU AWARDING NIGHT 2023, Jumat (15/12/2023). Sugianto, S.T, M.Kom menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan meraih penghargaan Alumni Awards USU 2023 tersebut.

Menurutnya ini merupakan pencapaian yang membuat dirinya semakin termotivasi untuk terus bergerak melakukan inovasi yang memberikan dampak memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Sejak pandemi covid-19, Sugianto konsisten mendirikan tempatpklmedan.com sebagai pusat praktek kerja industri bidang digital dan entrepreneur bagi siswa SMK, mahasiswa dan membantu para pelaku UMKM untuk Go digital.

Beberapa bulan terakhir ini perusahaan yang dirintis Sugianto yang juga merupakan praktisi digital marketing tersebut mendapat kepercayaan dari instansi pemerintah daerah untuk mendampingi pengembangan produk-produk UMKM seperti pengembangan kemasan produk, sosial media marketing, sampai pembuatan konten promosi.

Bisnis rintisan yang didirikannya saat ini mendapat kepercayaan dari banyak sekolah SMK dari berbagai kota di Sumatera Utara, bahkan telah menjadi mitra IDUKA bagi beberapa sekolah SMK dari Banda Aceh. Sugianto juga sering diminta menjadi narasumber penyelarasan kurikulum berbasis industri bagi sekolah SMK berbasis digital, seperti rekayasa perangkat lunak, TKJ, Multimedia, DKV bahkan pemasaran daring.

Berkat kesungguhan dan keseriusannya dalam melakukan inovasi dalam bisnis rintisan yang didirikannya, Jumat lalu (15/12/2023) ia mampu meraih penghargaan sebagai pemenang dan mendapat penghargaan Alumni Awards USU 2023 dengan kategori humanitarian dan Sociopreneur melalui proses seleksi yang cukup ketat. Sugianto mengatakan siapa pun bisa menjadi seorang sociopreneur, menjalankan bisnis sambil beramal perlu niat dan tekad yang tinggi.

“Sociopreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa bisnis dan sosial yang tinggi dalam menjalankan suatu bisnis dengan tujuan untuk membantu kehidupan sosial masyarakat. Individu yang menerapkan gaya berbisnis sociopreneurship biasanya akan berusaha memecahkan masalah sosial dengan pendekatan wirausaha,” ujar pria yang memiliki prinsip Urip Iku Urup, yang artinya hidup itu teruslah menyala. Hidup itu teruslah memberi manfaat kepada sesama.(h02)

  • Bagikan