Scroll Untuk Membaca

Pendidikan

Sosial Media Marketing

Oleh Dyah Pitaloka Sab & Dr Endang Sulistya Rini SE MSi

Sosial Media Marketing
Kecil Besar
14px

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sosial Media Marketing

IKLAN

PANDEMI Covid 19 membawa dampak yang sangat besar khususnya dalam bidang teknologi. Karena gerak yang terbatas, masyarakat beralih menggunakan hp/gadget dan computer sebagai alat untuk bisa melakukan aktivitas.  

Di masa pandemi, media sosial banyak di manfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kegiatan seperti berbagi informasi, pekerjaan, dan komunikasi. Terlepas dari pada pandemi Covid-19, penggunaan sosial media terus meningkat tajam.

Menurut Laporan We Are Social pengguna aktif media sosial di Indonesia pada Januari 2022 tumbuh sebesar 12,35% dari tahun lalu. Lebih tepatnya jumlah pengguna aktif medsos pada awal 2022 adalah sebanyak 191 juta orang sedangkan pada 2021 sebesar 170 juta orang.

Dengan total populasi 273.5 juta lebih, hal tersebut berarti hampir dari setengah penduduk Indonesia telah menjadi pengguna aktif media sosial. Dan secara sadar media social menjadi kebutuhan penting bagi semua orang.

Media sosial merupakan lingkungan online tempat berkumpulnya orangorang dengan minat yang sama untuk berbagi pemikiran, komentar dan gagasan mereka (Weber, 2007 dalam Bilgin, 2018). Menurut Jurnal “THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON PURCHASE INTENTION OF SKINCARE PRODUCTS AMONG INDONESIAN YOUNG ADULTS”, aktivitas pemasaran media sosial (SMMA) memiliki dampak positif yang signifikan terhadap niat beli produk perawatan kulit di kalangan dewasa muda Indonesia.

Melihat fenomena ini, banyak perusahaan atau para pelaku usaha memanfaatkan sosial media sebagai salah satu sarana untuk memasarkan produk mereka. Berikut beberapa strategi social media marketing yang dapat diterapkan.

Lakukan Riset dan Audit Evaluasi Social Media

Sangat diperlukan riset dan audit evaluasi media sosial ketika ingin membuat konten yang menarik bagi pelanggan.

Menetapkan Metrics Social Media Marketing

Hasil dari melakukan riset dan audit evaluasi media sosial yaitu mendapatkan data-data lengkap dan valid. Data-data inilah yang akan diolah untuk menentukan metrics social media marketing. Metrics social media marketing adalah data yang digunakan untuk mengukur dan menentukan suksesnya upaya marketing produk menggunakan social media. .

Pelajari Target Market Customer

Selera customer bisa jadi tolak ukur kecocokan produk yang kamu buat.Dengan memetakan selera customer, kamu dapat membuat konten menarik untuk diunggah di media sosial.

Tentukan Platform yang Dituju

Tentukanlah platform untuk menjual produkmu. Setiap platform mempunyai fitur masing-masing karena akan berpengaruh kepada penyajian konten.

Membuat Konten Menarik

Membuat suatu konten produk yang menarik customer bagi akan menghasilkan peningkatan engagement dan sharing. Konten yang menarik, membuat orang untuk membeli dan menggunakan produk yang dipromosikan tersebut

Kerjasama Influencer

Influencer sosial media adalah orang yang mempunyai akun media sosial dengan pengikut yang jumlahnya banyak dan mempunyai kemampuan untuk memengaruhi followers-nya untuk menggunakan produk yang ia promosikan. Carilah influencer yang cocok dan mewakili produk yang akan dipromosikan.

Memanfaatkan Iklan

Dengan memanfaatkan layanan ads (iklan) pada masing-masing platform media sosial. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan reach unggahan media sosial.

Evaluasi dan Controlling

Setiap konten yang diunggah di media sosial tentu akan menghasilkan data-data yang akurat. Data inilah yang bisa digunakan untuk evaluasi dan controlling. Dari evaluasi inilah, nantinya dapat mempelajari pola customer sehingga dapat melakukan beberapa strategi untuk promosi selanjutnya. *Penulis Mahasiswa dan Dosen S2 Ilmu Manajemen FEB Universitas Sumatera Utara

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan Kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE