Tim Olimpiade Sains Darul Mursyid Siap Bertanding Di Thailand (TIMO) 2024

  • Bagikan
Kapolres Tapanuli Selatan bersama Tim olimpiade sains Pesantren Darul Mursyid. Waspada/Is
Kapolres Tapanuli Selatan bersama Tim olimpiade sains Pesantren Darul Mursyid. Waspada/Is

MEDAN (Waspada): Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” yang berlokasi di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan siap hadapi Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) yang akan digelar pada 26 April 2024 mendatang.

Ahmad Suheili Pulungan sebagai Wakil Direktur bidang Akademik Pesantren Darul Mursyid, mengatakan, bahwa Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) adalah olimpiade Matematika tingkat dunia untuk melatih siswa elit Matematika. Kompetisi ini bertujuan untuk memotivasi dan mengembangkan minat serta kemampuan matematika di kalangan pelajar. Peserta akan diuji melalui serangkaian soal matematika tingkat tinggi yang menguji pemahaman konsep, kreativitas, dan pemecahan masalah,”. Olimpiade TIMO sendiri diikuti oleh berbagai Negara di dunia di antaranya Kazakhstan, Ukraina, Vietnam, Myanmar, Iran, Thailand, Indonesia, Bulgaria, China, Singapapura, Hong Kong, Filipina, Malaysia serta Kyrgyzstan,” ucap Suheili.

Salah satu alumni Pesantren Darul Mursyid yang juga saat ini menjabat sebagai Kapolres Tapsel, Akbp Yasir Ahmadi, S.I.K., M.H, pada saat berkunjung ke Pesantren Darul Mursyid tanggal 7-8 Januari 2024 yang lalu turut merasa bangga atas pencapaian prestasi yang selama ini diraih oleh adik-adik kelasnya. Ia juga menjelaskan bahwa keikutsertaan santri dari Pesantren Darul Mursyid dalam TIMO 2024 adalah prestasi luar biasa yang perlu diapresiasi.
“Kami berharap bahwa pengalaman ini tidak hanya menjadi ajang bertanding, tetapi juga peluang untuk belajar dan berbagi pengetahuan dengan siswa-siswa dari negara lain. Ini adalah kesempatan emas untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren kita,” ujar alumni yang sangat berkarismatik itu.

Fadhli Fahlevi sebagai salah satu peserta olimpiade TIMO tingkat internasional berharap bisa berhasil pada perlombaan nanti di Thailand. “Belajar dari tahun yang lalu, walaupun saya sudah berhasil meraih medali perak, tahun ini saya harus lebih banyak persiapan dan latihan soal-soal dan tentunya mohon doa dan dukungan dari bapak/ibu guru dan karyawan, semoga kami nantinya mendapat hasil yang terbaik untuk kemajuan Islam dan Pesantren Darul Mursyid,” ungkapnya.

Pihaknya berterima kasih atas dukungan dari bapak ketua umum Yayasan, direktur, wakil-wakil direktur dan babak/ibu guru dan karyawan Pesantren Darul Mursyid. Selanjutnya Mohon doa dari semuanya untuk kenerhasilan kami nanti di Thailand.

Drs Yusri lubis sebagai Direktur Pesantren Darul Mursyid juga mendukung atas upaya para guru pembimbing dan juga santri untuk terus konsisten dalam hal pencapaian prestasi. “Tingkat persaingan yang semakin tinggi pada Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) justru harus menjadi tantangan baru bagi kita untuk mencetak para juara sains yang siap untuk berlomba pada level dunia. Semoga kita terus mengukir sejarah dengan menjadi santri yang berprestasi dan memiliki karakter yang baik. Prestasi yang baik harus juga didukung dengan karakter yang baik, agar kelak hidupnya bisa berimbang antara ilmu pengetahuan dan keimanan,” ungkapnya.

Terpisah, Ja’far Syahbuddin Ritonga, DBA sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga sekaligus ia juga sebagai salah satu Penasehat Badan Silaturahmi Pesantren Sumatera Utara (BSPSU) mengaku sangat bersyukur atas upaya para guru dan santri yang selama ini bersusah payah untuk meraih prestasi, semoga bisa konsisten. Ungkapnya seraya menyampaikan sebuah harapan yang sangat besar sekali kepada semua para pengasuh dan pembina di Pesantren Darul Mursyid untuk mendukung sekaligus mendoakan, agar memberikan hasil yang terbaik untuk anak didik kita. “Kita tidak akan pernah berhenti untuk mengejar prestasi, asal masih bisa dijangkau. Lanjutkan untuk kemajuan umat Islam dan bangsa.” tutur Alumni S3 USM Malaysia itu.(h02)

  • Bagikan