Webometrics PTKIN: IAIN Langsa Kampus Terbaik Di Aceh

  • Bagikan
Webometrics PTKIN: IAIN Langsa Kampus Terbaik Di Aceh
Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa, Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, Jumat (16/2).Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa berhasil meraih peringkat satu kampus PTKIN terbaik di Aceh berdasarkan rangking Webometrics Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2024. Hal ini sebagai bukti IAIN Langsa telah menetapkan dirinya sebagai PTKIN terdepan di Provinsi Aceh.

Sementara pada level Sumatera IAIN Langsa bertengger pada posisi keempat dan di level nasional kampus kebanggaan masyarakat Aceh ini berada pada posisi kedua belas dari 58 kampus PTKIN yang ada di Indonesia.

Rektor Institut Agama Islam Negeri Langsa, Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA mengatakan kepada wartawan, Jumat (16/2).

Menurutnya, prestasi ini tidak hanya dalam ranah akademis, melainkan juga melibatkan prestasi mahasiswa, kesejahteraan dan dukungan lingkungan Kota Langsa. Melalui komitmen mendalam terhadap pendidikan berkualitas dan berkarakter, IAIN Langsa memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh bagi mahasiswanya.

Penting untuk diingat bahwa IAIN Langsa bukan sekadar tempat untuk mendapatkan gelar akademis, melainkan sebagai wadah untuk mengembangkan diri.

“Dengan adanya program ekstrakurikuler, kegiatan sosial, serta dukungan dari dosen dan tenaga kependidikan, terbentuklah lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan dan karakter mahasiswa,” imbuh rektor.

Selain itu, sambung rektor, sejumlah prestasi mahasiswa IAIN Langsa mencuat dengan gemilang. Contohnya, pada 2019, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah meraih juara I dalam Pekan Olahraga dan Seni Nasional. Pada 2020, mahasiswa berhasil Juara III dalam Lomba Podcast Tingkat Nasional.

Tahun 2022, mahasiswa FTIK mencapai prestasi luar biasa sebagai Juara Umum Lomba Kompetensi Seni Islam Melayu Nasional. Ini mencerminkan dedikasi mahasiswa dalam berbagai cabang lomba, seperti Syarhil Quran, MTQ, Kaligrafi, Nasyid, dan Tahfizh.

“Tahun 2023, mahasiswa FEBI meraih kemenangan dalam lomba fotografi tingkat internasional. Pencak silat mahasiswa juga menyumbangkan beberapa medali emas dalam Pekan Olahraga dan Seni Nasional,” tandas rektor.

Rektor menuturkan, kampus IAIN Langsa tak hanya menekankan pendidikan formal, namun juga mendorong mahasiswa untuk berprestasi di berbagai bidang. Dukungan terhadap mahasiswa baru tercermin melalui penyediaan asrama yang terjangkau dan berkualitas, memastikan kesejahteraan mereka. Lingkungan yang mendukung di luar kelas menjadi faktor krusial dalam membentuk mahasiswa yang tangguh dan berprestasi. Prestasi dan kesejahteraan mahasiswa bukan satu-satunya keunggulan IAIN Langsa.

Webometrics PTKIN: IAIN Langsa Kampus Terbaik Di Aceh

Biaya Hidup Terjangkau

Selain itu, IAIN Langsa yang terletak di Kota Langsa, yang kaya akan budaya dan etnis, memberikan pengalaman unik kepada mahasiswa. Kota multikultural ini mempromosikan nilai toleransi, menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung pertumbuhan pribadi mahasiswa.

“Kota Langsa, dengan penerapan syariat Islam yang baik, memberikan keamanan dan ketentraman bagi mahasiswa. Hal ini menjadi nilai tambah bagi orang tua yang dapat merasa tenang mengenai pergaulan anak-anak mereka sesuai dengan nilai-nilai Islam,” terang rektor.

Selain itu, biaya hidup yang terjangkau di Kota Langsa menjadi daya tarik tersendiri. Mahasiswa dapat menikmati sarapan dengan harga terjangkau, kopi pancung, dan jajanan di jalanan pagi. Kafe modern yang mengikuti tren kota-kota besar di Indonesia memberikan variasi bagi mahasiswa yang ingin merasakan nuansa perkotaan.

Dengan menggabungkan prestasi akademis, kesejahteraan mahasiswa, dan dukungan lingkungan kota, IAIN Langsa mewujudkan visinya sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memberikan pengalaman holistik bagi mahasiswanya. Memilih IAIN Langsa bukan hanya memilih tempat untuk mendapatkan gelar, melainkan perjalanan pendidikan yang membentuk karakter dan membuka pintu menuju masa depan unggul dan Islami.

Institusi ini tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga membekali mahasiswanya dengan keterampilan, nilai-nilai, dan wawasan yang diperlukan dalam menghadapi tantangan global.

“Jadi, jangan ragu lagi, mari menjadi bagian dari keluarga besar IAIN Langsa untuk tumbuh menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing,” pungkas rektor.(b13)

  • Bagikan