13 TPS PSU Tingkat Kabupaten Deliserdang, 1 Diantaranya PSU Keseluruhan

  • Bagikan
Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo didampingi Kapolsek Batangkuis Polresta Deliserdang, Kompol Syahrizal mengecek kesiapan aparat keamanan di Batangkuis. (Waspada/ist).
Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo didampingi Kapolsek Batangkuis Polresta Deliserdang, Kompol Syahrizal mengecek kesiapan aparat keamanan di Batangkuis. (Waspada/ist).

DELISERDANG (Waspada): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang akan menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk tingkat pemilihan DPRD Kabupaten Deliserdang pada Rabu 21 Februari 2024 (besok) di 13 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 2 Kecamatan yakni Kecamatan Batang Kuis dan Kecamatan STM Hilir.

Anggota KPU Deliserdang, Mulianta Sembiring yang merupakan Koordinator wilayah 2 kecamatan yang akan menggelar PSU mengatakan, dari 13 TPS itu, 1 TPS diantaranya PSU secara keseluruhan yakni Pilpres, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

“Besok pihak petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang akan melakukan PSU ada di Desa Batang Kuis Pekan, Kecamatan Batang Kuis, mulai dari TPS 1, TPS 2, TPS 3, TPS 4, TPS 6, TPS 7, TPS 8 dan TPS 11 dan 2 TPS ada di Desa Baru masing-masing TPS 5 dan TPS 9, sedangkan untuk Kecamatan STM Hilir berada di Desa Tadukan Raga TPS 11 dan TPS 12 khusus di TPS 5 PSUnya dari seluruh tingkatan,” kata Mulianta Sembiring, kepada wartawan Selasa (20/2).

13 TPS PSU Tingkat Kabupaten Deliserdang, 1 Diantaranya PSU Keseluruhan

Mulianta Sembiring menjelaskan, terjadinya PSU ini dikarenakan adanya surat suara untuk DPRD Kabupaten/Kota yang tertukar, seharusnya surat suara yang digunakan untuk Dapil Deliserdang VI yang meliputi Kecamatan Percut Sei Tuan dan Batang Kuis, namun yang diterima pihak KPPS adalah surat suara Dapil Deliserdang II yang meliputi Kecamatan Tanjung Morawa, Bangun Purba, STM Hilir, STM Hulu dan Gunung Meriah. Sebaliknya yang di STM Hilir yakni Desa Tadukan Raga TPS 11 dan TPS 12 surat suara yang masuk dari Dapil VI DPRD Deliserdang.

“Ya sudah sempat tercoblos awalnya, namun karena cepat ketahuan akhirnya pencoblosan untuk surat suara tingkat DPRD Kabupaten Deliserdang di hentikan, sedangkan 4 surat suara seperti Pilpres, DPD-RI, DPR-RI, dan DPRD Provinsi tetap dilanjutkan, jadi untuk besok PSU yang dilakukan hanya PSU untuk surat suara DPRD Kabupaten Deliserdang. Khusus di TPS Desa Tandukan Raga seluruh jenis surat suara di laksanakan PSU karena seluruh saksi dan PTPS (Pengawas Tempat Pemungutan Suara) menghentikan pemungutan suara di tanggal 14 Februari,” jelas Mulianta Sembiring.

Mulianta Sembiring pun menegaskan PSU yang digelar sesuai Surat Edaran (SE) KPU Deliserdang dengan nomor 460/PL.01.8-SD/1207/2/2024, tertanggal 19 Februari 2024 ditanda tangani Ketua KPU Deliserdang Syahrial Effendi.

“Ini sudah melalui prosedur yang sesuai Undang-Undang, dimana pihak KPU Deliserdang sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Utara dan pihak Bawaslu Deliserdang dan Bawaslu Sumut selaku pengawasan, bahkan pihak Kepolisian, baik Polsek Batang Kuis dan STM Hilir Jajaran Polresta Deliserdang,” tegasnya.

Sementara itu Kapolsek Batangkuis Polresta Deliserdang, Kompol Syahrizal mengungkapkan, menjelang dilakukannya PSU 19 TPS di Kecamatan Batangkuis di wilayah hukum Polsek Batangkuis dalam keadaan aman dan kondusif.

“(Jadi) satu TPS ada sebanyak 2 personel (melakukan pengamanan) didampingi oleh Pamenwas, Pawas (Perwira Pengawas) dan Pamen (Perwira Menengah),” katanya.

Syahrizal pun mengakui bahwa Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo SIK, telah turun langsung untuk melihat kesiapan penyelenggara pemilu menggelar PSU dan melihat kesiapan Personel Polresta Deliserdang melakukan pengamanan. “Pak Kapolresta semalam sudah meninjau persiapan keamanan PAM perhitungan suara di tingkat PPK dan juga melihat kesiapan daripada personel serta penyelenggara pemilu untuk PSU,” akunya.

Sementara sebelumnya Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Raphael Sandhy Cahya Priambodo menjelaskan, kedatangannya dalam rangka mengecek kesiapan aparat keamanan menjaga keamanan sidang pleno dan pengamanan gudang logistik di tingkat PPK termasuk di Batangkuis, pasca pemungutan dan tahap penghitungan suara.

“Kita sengaja datang ke sini untuk memastikan keamanan yang dilakukan Kepolisian sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diberikan, kita hadir untuk memastikan Pemilu 2024 berjalan lancar, aman, damai, tertib, dan kondusif, terhadap pelaksanaan pemungutan suara yang bebas dan adil. Kita akan terus hadir dan memantau setiap tahapan pemilu,” katanya.

Raphael juga memberikan motivasi kepada setiap anggota personel dan penyelenggara agar selalu semangat dalam bekerja. Dia menekankan pentingnya menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan sehat dan istirahat yang cukup.

“Kesuksesan Pemilu tahun 2024 merupakan kesuksesan kita bersama, oleh karena itu diperlukan kerjasama seluruh lapisan masyarakat untuk mengawal jalannya pesta demokrasi lima tahunan tersebut dengan lancar dan aman, mari kita sukseskan Pemilu 2024,” ujarnya. (a16).

  • Bagikan