176 PTPS Binjai Timur Dilantik

  • Bagikan
176 PTPS Binjai Timur Dilantik
Komisioner Panwascam Binjai Timur bersama tamu undangan serta PTPS foto bersama usai pelantikan. (Waspada/Ria Hamdani)

BINJAI (Waspada): Sebanyak 176 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Binjai Timur, resmi dilantik, Senin (22/1) di salah satu kafe, Jalan P Diponegoro, Kecamatan Binjai Timur.

Hadir pada pelantikan itu Ketua Bawaslu Kota Binjai, Habibi, Ketua Komisioner Kecamatan Binjai Timur Ermawati, dua Komisioner Kecamatan Binjai Timur Leo William dan Wardi, para panwaslu kelurahan. Turut hadir Danramil, Kapolsek, Camat, dan Ketua PPK.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Kota Binjai, Habibi, mengatakan, anggota PTPS yang sudah dilantik harus memahami tugas, wewenang dan tanggungjawab. Sehingga tidak mendapati kendala dalam menjalankan fungsi sebagai pengawas.

Habibi juga mengimbau PTPS untuk mengedepankan etika saat melakukan tugas pengawasan. “Jangan mentang-mentang kita diberi kewenangan, kita langsung sok paling pintar atau sok paling tahu,” tegasnya.

“Koordinasi saja dengan pihak-pihak terkait di lapangan, baik itu dengan pihak KPPS maupun TNI/Polri. Jangan tinggikan nada kita ketika menghadapi masalah. Rendahkan saja, karena ilmu tinggi tapi tak beretika itu malah dapat membuat masalah,” tambahnya.

176 PTPS Binjai Timur Dilantik
Para Panwaslu Kelurahan Se-Kecamatan Binjai Timur memantau proses pelaksanaan pelantikan PTPS. (Waspada/Ria Hamdani)

Sementara itu, Ketua Panwascam Binjai Timur, Ermawati, berharap kepada PTPS untuk memperkuat koordinasi, baik secara internal ke panwas kelurahan maupun Ketua KPPS masing-masing.

“Jika ditemukan masalah di TPS, jangan terburu-buru. Pahami masalahnya, jika tidak tahu koordinasikan ke panwas kelurahan, kecamatan, dan Bawaslu Kota. Menjaga kesehatan juga sangat penting, karena kita akan bekerja penuh waktu demi suksesnya Pemilu,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua PPK Binjai Timur, Darma, mengajak seluruh PTPS untuk menjalin kerjasama dengan KPPS agar pemungutan suara mendapatkan hasil yang baik.

“Mudah-mudahan ketika ada masalah dapat diselesaikan di TPS. Saya berharap, PTPS bisa bekerja dengan jajaran KPPS, termasuk dengan saksi parpol. Jika ada gesekan, kita upayakan atasi dengan baik sesuai ketentuan. Terpenting juga, jaga kesehatan. Karena kawan-kawan pulang setelah selesai seluruhnya,” ucap Darma.

Pelantikan berjalan lancar yang dilanjutkan dengan pemberian bimbingan teknis. Seluruh PTPS Se-Kecamatan Binjai Timur antusias mengikuti kegiatan yang dimulai sejak pukul 09:00 hingga 16:00. (a34)

  • Bagikan