2023, 2 Juta Wisatawan Kunjungi Toba

  • Bagikan
2023, 2 Juta Wisatawan Kunjungi Toba

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toba, Rusti Hutapea. Waspada/Horden Silalahi

BALIGE (Waspada) : Jumlah kunjungan wisatawan ke Kab. Toba pada Tahun 2023 mencapai lebih 2 juta pengunjung. Jumlah ini mencakup 2.079.369 orang wisatawan nusantara, ditambah 1.165 orang wisatawan mancanegara. 

“Jika diakumulatifkan, peningkatan pengunjung wisata pada Tahun 2023 mencapai 300 persen dari jumlah yang ditargetkan sebelumnya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Toba, Rusti Hutapea kepada Waspada, kemarin di Balige.

Pada kesempatan itu, Rusti menjelaskan bahwa progres pencapaian kinerja yang telah dilakukan instansi yang di pimpinnya itu pada Tahun 2023 menyangkut empat bidang kerja. Yakni, bidang kebudayaan, bidang destinasi dan industri, bidang SDM (sumber daya manusia) dan ekonomi kreatif, serta bidang pemasaran.

Sukses pencapaian yang melebihi target kunjungan wisatawan tersebut, lanjut Rusti, juga didukung adanya dua event internasional yang sudah sukses terlaksana yakni F1 Powerboat dan Aquabike Jetski. Selain itu, juga didukung dengan adanya kegiatan seni lokal yakni Toba Fashion Week, Musik Art dan Festival, serta Meat Art Festival.

Untuk terus mendukung dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu, Rusti menyebut saat ini pihaknya terus melakukan pegelaran dan promosi seni budaya, penataan lokasi wisata dan industri kreatif, pelatihan-pelatihan, serta promosi wisata.

“Kita juga saat ini memacu pelatihan-pelatihan ekonomi kreatif untuk mendukung peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah ini. Untuk Tahun 2023, kita mendapatkan DAK dari pemerintah pusat untuk pembangunan kawasan pariwisata terpadu di Desa Tambunan Lumban Pea, Kec. Balige. Progres fisiknya sudah hampir rampung. Saya berharap, semua elemen di Toba maupun perantau mendukung penuh peningkatan sektor wisata di daerah ini,” demikian Rusti.(a08

  • Bagikan