37 Supir Shuttle Bus Di Event F1 Powerboat Cek Urine

  • Bagikan
Kolase, pengamanan event F1H2O di Balige. Kompolnas saat meninjau Command Center di Mess Pemprov Sumut (atas) dan Cek urine yang dilakukan Polres Toba terhadap 37 Supir Shuttle Bus di Event F1 Powerboat (bawah). Waspada/Ist
Kolase, pengamanan event F1H2O di Balige. Kompolnas saat meninjau Command Center di Mess Pemprov Sumut (atas) dan Cek urine yang dilakukan Polres Toba terhadap 37 Supir Shuttle Bus di Event F1 Powerboat (bawah). Waspada/Ist

TObA (Waspada) : Polres Toba Polda Sumut melaksanakan pengecekan urine kepada supir Shuttle Bus yang berada di lokasi parkir Lumban Pea Tambunan Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Jumat (1/3)) sekira pukul 10.00 Wib.

Tes urine ini dilakukan dalam rangka pengamanan event F1 Powerboat Tahun 2024, yang berlangsung selama dua hari di Danau Toba Balige.

Kapolres Toba AKBP, Wahyu Indrajaya SH, S.I.K melalui Kasi Humas AKP Bungaran Samosir menuturkan pengecekan urine Supir Shuttle Bus dipimpin oleh Kasat Renarkoba Polres Toba, AKP Yugun BM Sibagariang bersama Biddokes Polda Sumut dan diawasi oleh Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana S.I.K, MTCP. Turut hadir mendampingi Wakapolda, Karo Ops Polda Sumut, Kombes Pol Victor Togi Tambunan, Karolog Polda Sumut Kombes Pol, Suranta Pinem dan Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya SH, S.I.K.

Bungaran juga menyampaikan bahwa dari 37 orang supir shuttle bus yang diperiksa urine semua hasilnya “Negatif”

Cek urine tersebut dilakukan oleh Polres Toba untuk menghindari kecelakaan agar sopir dan penumpang selamat sampai tujuan,” tuturnya.

Selain melakukan tes urine guna memastikan pengamanan dan keamanan selama event F1H2O berlangsung, Polda Sumut juga menggunakan face recognition atau identifikasi. Pengunaan teknologi ini juga diapresiasi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

“Tentu teknologi ini kami apresiasi, karena upaya Polda Sumatera Utara untuk memastikan pagelaran even F1 Power Boat ini semakin lebih bagus karena ini tentunya berlanjut,” ujar Komisioner Kompolnas Yusuf Warsyim di Balige, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat (1/3).

Menurut Yusuf, pola pengamanan tahun ini ada yang baru karena dengan menggunakan teknologi identifikasi wajah, diharapkan dapat mendeteksi pengunjung agar tidak ada gangguan.

“Ini sangat membantu personel yang bertugas, untuk melihat pengunjung yang dicurigai seperti terkait tindakan terorisme atau daftar pencarian orang (DPO), teknologi face recognition baru kami temukan,” ucap Yusuf.

Dia menambahkan pengamanan yang baru ini sangat bagus untuk ke depannya, tinggal Polda Sumut terus memperbaiki atau menyempurnakan melalu anev (analisis dan evaluasi).

“Karena kami melihat tahun ini lebih baik dari tahun lalu, kami lihat menjelang perlombaan kesiapan pengamanan sudah 100 persen,” ucapnya.

Menurut Yusuf, ke depan dirinya meyakini dalam pengamanan ajang internasional F1 Powerboat ini Polda bisa mendorong Polres Toba secara mandiri mengelola pengamanannya.(rg)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *