744 Warga Tapsel Pindah Memilih

  • Bagikan
744 Warga Tapsel Pindah Memilih

Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tapsel, Yassir Husein Pardede. Waspada/Mohot Lubis.

TAPSEL (Waspada) : Komisioner KPU Tapanuli Selatan (Tapsel) Yassir Husein Pardede mengatakan jumlah warga Tapsel yang pindah memilih dalam Pemilu Tahun 2024 sudah mencapai 744 orang, Sedangkan warga yang pindah memilih ke Tapsel sebanyak 635 orang.

“Hingga Saat ini, warga Tapsel yang pindah memilih tercatat sudah mencapai 744 orang terdiri dari 327 laki-laki dan 417 perempuan,” kata Komisioner KPU Tapsel Yassir Husein Pardede dalam acara Sosialisasi Pemilih Kepada Media Massa di Sopo Namora, Desa Sumuran Baru Baringin, Kecamatan Sipirok, Tapsel, Sabtu (13/01/2024).

Sosialisasi yang di buka Ketua KPU Tapsel Zuhajji Siregar dan dihadiri Kapolres Tapanuli Selatan diwakili Kanit I Politik Intelkam Polres Tapsel, Iptu Titus dan Komisioner Bawaslu Tapsel Vernando Maruli Aruan tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2024.

Yassir Husein Pardede yang menjabat sebagai Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tapsel menjelaskan, selain warga Tapsel yang pindah memilih ke tempat lain, warga yang pindah memilih ke Tapsel juga tercatat sudah mencapai 635 orang terdiri dari 297 laki-laki dan 338 perempuan.

“Pindah memilih hanya dapat dilakukan oleh pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Pemilih yang pindah memilih ke TPS lain itu dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” ucapnya.

Yassir menegaskan bahwa ada sembilan alasan untuk pindah memilih yakni menjalankan tugas di tempat lain saat hari pemungutan suara, menjalani rawat inap, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial atau panti rehabilitasi.

Kemudian, seseorang yang punya hak pilih sedang menjalani rehabilitasi narkoba, sedang menjalani tahanan di Rutan atau Lapas, tugas belajar/menempuh pendidikan, pindah domisili, tertimpa bencana alam dan bekerja di luar domisilinya.

Bagi seseorang yang sudah terdaftar di DPT, namun karena keadaan tertentu ingin gunakan hak pilih di TPS lain, lanjut Yassir, harus menyampaikan permohonan pindah memilih ke penyelenggara pemilu .”Silakan datang ke KPU maupun ke PPK atau PPS di daerah asal pemilih maupun ke tempat tujuan pemilih,” tuturnya.

Mengingat di Tapanuli Selatan ada sejumlah perusahaan yang mempekerjakan orang luar daerah Tapsel seperti PT AR dan PT ANJ, ungkap Yassir, pihaknya akan mendatangi perusahaan tersebut karena pihak perusahaan telah meminta kepada KPU agar membuat posko pelaporan pindah memilih.

Khusus terhadap pemilih yang tidak terdaftar di DPT dan DPTb, ungkapnya, dapat menggunakan hak pilihnya pada pukul 12.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB dengan terlebih dahulu menunjukkan KTP-el dan sudah dipastikan tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb.(a39).

  • Bagikan