Anggota Komisi IV Fraksi Demokrat Dorong Pemkab Deliserdang Capai Target UHC 98%

  • Bagikan
Anggota Komisi IV Fraksi Demokrat Dorong Pemkab Deliserdang Capai Target UHC 98%
Anggota Komisi IV Fraksi Demokrat Dorong Pemkab Deliserdang Capai Target UHC 98%

DELISERDANG (Waspada): Anggota DPRD Deliserdang Komisi IV Fraksi Demokrat dr. H. Syoufi Rizal Husni, Mars mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang untuk segera membuat langkah-langkah strategis agar pada tahun 2023 bisa mencapai Universal Health Coverage (UHC) sebanyak 98 %.

Pasalnya, menurut anggota Komisi IV DPRD Deliserdang Fraksi Demokrat ini, saat ini sebanyak lebih kurang 78 % penduduk Kabupaten Deli Serdang telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Jadi dibutuhkan kurang lebih 20 % lagi untuk bisa masuk dalam program tersebut sesuai dengan 98 % target nasional.

Maka dari itu, dr. H. Syoufi Rizal Husni Mars berharap kerja keras seluruh steakholder yang terlibat terutama Dinas Sosial, Dukcapil, Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat agar progran Universal Health Coverage (UHC) dapat segera terwujud.

Dr. H. Syoufi Rizal Husni Mars dalam siaran persnya yang diterima Waspada, Jumat (2/12) juga mendorong agar Pemkab Deliserdang dapat segera membuat rancangan perda yang dapat menunjang pencapaian target UHC tersebut. Selain APBD sumber dana dari jaminan sosial bisa diberikan melalui CSR yang kontribusi dari perusahaan – perusahaan, sehingga diperlukan payung hukum yang jelas melalui Perda CSR nantinya.

Lebih lanjut disampaikan oleh dr. H. Syoufi Rizal Husni Mars dirinya memberikan apresiasi kepada Kota Medan yang telah berhasil mencapai target tersebut. Kita sama – sama tahu Kota Medan dan Deli Serdang adalah bertetangga di mana penduduk Kota Medan tinggal di Deli Serdang tetapi KTP-nya banyak yang di Medan.

Hal ini juga menjadi PR bagi kita semua baik eksekutif maupun legislatif agar tidak ada kecemburuan sosial antarmasyarakat yang ada di Sumut ini.

 Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubukpakam Nur Eva Parindury yang dihubungi wartawan mengenai target UHC 98% di Kabupaten Deliserdang dirinya berkeyakinan kalau seluruh steakholder yang ada saling bekerjasama hal itu akan terwujud.

Menurutnya, saat ini masyarakat yang telah terdaftar di BPJS Kesehatan Deliserdang sudah mencapai 75%. Sehingga dirinya optimis tahun 2023 Pemkab Deliserdang bisa mencapai target UHC hingga 98%.

Dalam kesempatan ini, Nur Eva Parindury memohon doa seluruh warga Deliserdang agar target 98% UHC dapat tercapai. Dengan begitu masyarakat Deliserdang bisa juga merasakan pelayanan kesehatan yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Medan.(m03/rel)

Anggota Komisi IV Fraksi Demokrat Dorong Pemkab Deliserdang Capai Target UHC 98%

dr. H. Syoufi Rizal Husni, Mars. Waspada/Ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *