Banjir Di Haranggaol Horisan, Dua Rumah Dan Kuburan Hanyut

Bupati RHS Ingatkan Warga Tetap Waspada

  • Bagikan
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat meninjau lokasj banjir di Nagori Purba Pasir, Haranggaol Horisan, Rabu (20/12) malam.(Waspada/ist).
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat meninjau lokasj banjir di Nagori Purba Pasir, Haranggaol Horisan, Rabu (20/12) malam.(Waspada/ist).

SIMALUNGUN (Waspada,): Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS), Rabu (20/12) malam, turun ke lokasi, pasca banjir yang terjadi di Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Kabupaten Simalungun.

Begitu menerima laporan dari BPBD, malam itu juga Bupati RHS segera turun ke lokasi untuk memastikan kondisi masyarakat pasca terjadinya banjir.

Di lokasi banjir, orang nomor satu di jajaran Pemkab Simalungun itu langsung menemui warga yang berdomisili di sekitar lokasi banjir untuk mendapatkan informasi penyebab dan kondisi pasca banjir.

Banjir Di Haranggaol Horisan, Dua Rumah Dan Kuburan Hanyut
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (dua kiri) saat menyampaikan kata-kata penghiburan kepada korban terdampak banjir di rumah warga, Rabu (20/12) malam.(Waspada/ist).

Dalam kesempatan ini, Bupati mengimbau warga agar senantiasa waspada dan menjauh dari titik banjir guna menghindari terjadinya banjir susulan.

Selain itu, Bupati juga memerintah BPBD untuk menyiapkan personil di lokasi banjir. ” Kita akan segera perbaiki infrastruktur yang rusak,” kata Bupati, seraya meminta instansi terkait untuk segera menelusuri penyebab terjadinya banjir dan melakukan penangan.

” Saya berharap peristiwa ini tidak terulang. Dan untuk semua pihak mari bersama-sama kita menjaga kelestarian alam,” ajak RHS.

Sebelumnya, Kalak BPBD Simalungun Resman H Saragih, melaporkan peristiwa banjir di wilayah kawasan Danau Toba tersebut kepada Bupati Simalungun.

Dalam laporan itu, Resman menjelaskan, banjir terjadi di wilayah Dusun Sirungkungon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol, Rabu (20/12) sekitar pukul 17.00 Wib.

Banjir Di Haranggaol Horisan, Dua Rumah Dan Kuburan Hanyut

” Penyebab banjir diakibatkan jebolnya tanggul warga yang berada di Nagori Purba Tongah Kecamatan Purba, lalu terjadi banjir bandang di Sungai Binanga Bolon,” jelas Resman.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut, hanya saja dua unit rumah warga hanyut terbawa arus. Pihaknya juga telah berkordinasi dengan pihak PLN untuk memutuskan arus listrik di lokasi itu.

” Banjir juga mengakibatkan akses jalan dari Haranggaol menuju Tigaras lumpuh total karena tertutup material banjir, dan kuburan warga juga banyak hanyut dan masih didata,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam laporannya itu Resman mengatakan bahwa, pihak juga menyiagakan Mobil Damkar beserta tim dilokasi untuk berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganan lebih lanjut pasca banjir.(a27).

Baca juga:

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *