Bawaslu Nisel Berkomitmen Ciptakan Pemilu 2024 Transparan Dan Berintegritas

  • Bagikan
Bawaslu Nisel Berkomitmen Ciptakan Pemilu 2024 Transparan Dan Berintegritas
Ketua Bawaslu Nisel, Neli Pesta Hartati Zebua saat membuka kegiatan pelatihan saksi partai politik pada Pemilu 2024 bertempat di Baga Hotel, Lagundri, Rabu (27/12). Waspada/Budi Hati Gowasa

TELUKDALAM, Nisel (Waspada): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias Selatan melaksanakan kegiatan fasilitasi pelatihan saksi Partai Politik pada Pemilu 2024 bertempat di Resort Baga Hotel Desa Lagundri Kecamatan Luahagunde Maniamolo, Rabu (27/12).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Nisel, Neli Pesta Hartati Zebua pada sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan ini dalam upaya memastikan Pemilihan Umum 2024 yang transparan dan berintegritas dengan menghadirkan narasumber dari penggiat dan akademis Pemilu.

Sementara Yosua Bu’ulolo sebagai Kordiv HP2H Bawaslu Nisel menyampaikan, pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Pelatihan Saksi Partai Politik pada Pemilu Tahun 2024 di Nisel sangat penting dilaksanakan.

Menurut Yosua Bu’ulolo, peran serta saksi dapat menjamin pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara berlangsung jujur dan adil sesuai dengan peraturan dan perundangan-undangan.

“Saksi merupakan perpanjangan tangan dan mata dari Parpol atau calon peserta Pemilu untuk mengidentifikasi setiap pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu,” terang Josua.

Dia mengharapkan agar kegiatan ini dapat membekali saksi dengan pengetahuan mendalam, memastikan peran mereka sebagai garda terdepan keadilan dan keabsahan suara rakyat.

Pengamatan wartawan pada kegiatan ini, peserta terdiri dari 2 orang perwakilan  setiap partai politik yang ikut kontestan pada Pemilu 2024, dua orang narasumber yang berasal dari penggiat Pemilu dan aktivis Pemilu serta jajaran sekretariat Bawaslu Nisel. (a26/chbg)

  • Bagikan