Bawaslu Nisel Rekomendasikan PSU Di TPS 3 Golambanua I

Ketua KPUD Nisel: Impossibility of Performance

  • Bagikan
Bawaslu Kabupaten Nias Selatan saat melakukan proses penanganan dugaan pelanggaran Pemilu dan merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di TPS 3 Desa Golambanu I, Kecamatan Lahusa, Kabuoaten Nias Selatan. Waspada/Ist
Bawaslu Kabupaten Nias Selatan saat melakukan proses penanganan dugaan pelanggaran Pemilu dan merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di TPS 3 Desa Golambanu I, Kecamatan Lahusa, Kabuoaten Nias Selatan. Waspada/Ist

TELUKDALAM, Nisel (Waspada): Bawaslu Kabupaten Nias Selatan akhirnya mengeluarkan surat rekomendasi untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU)  di TPS 3 Desa Golambanua I, Kecamatan Lahusa, Kabupaten Nias Selatan.

Sebelumnya pada Kamis (22/2) lalu saksi Partai Perindo Nias Selatan pada Kamis Alwiran Duha dan Robahati Ndruru yelah melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu di TPS 3 Desa Golambanua I, Kecamatan Lahusa dimana pada hari pemungutan suara diduga oknum penyelengara PPS, KPPS, PKD dan PTPS secara beramai ramai melakukan pencoblosan surat suara tanpa berdasarkan C1 pemberitahuan.

Ketua Bawaslu Nias Selatan, Neli Pesta Hartati Zebua yang dikonfirmasi, Minggu (25/2) mengatakan pihaknya yang menangani laporan tersebut telah melakukan pemeriksaan dan klarifikasi kepada para pihak.

Bawaslu Nisel fokus pada penanganan dugaaan pelanggaran administrastif, kode etik dan tindak pidana Pemilu.

Neli menyebutkan dari hasil penanganan laporan dugaan pelanggaran, Bawaslu Nisel telah memproses secara adminstrasi dan mengeluarkan surat rekomendasi kepada KPUD Nias Selatan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 3 Desa Golambanua I, Kecamatan Lahusa dengan No: 001/Rekomendasi-Adm/LP/PL/Kab/02/19/II/2024 tertanggal 23 Februari 2024.

Selanjutnya, Bawaslu Nisel bersama kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam Setra Gakkumdu Kabupaten Nias Selatan sedang melakukan proses penanganan terhadap dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang terjadi.di TPS 3 Desa Golambanua I, Kecamatan Lahusa.

Ketua KPUD Kabupaten Nias Selatan, Benimeritus Halawa kepada Waspada, Senin (26/2) menanggapi surat rekomnedasi PSU dari Bawaslu membenarkan pihaknya telah menerima surat rekomemdasi Bawaslu tersebut pada, Jumat (23/2).

Benimeritus mengatakan rekomendasi PSU tersebut tidak mungkin dilaksanakan dan Impossibility of Performance sebagaimana pernah menjadi pertimbangan hukum Putusan Mahkamah Konsitusi, Nomor : 01/PHPU/-Pres/XVII/2019, sehingga tidak dapat memungkinkan untuk menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 003  Desa Golambanua I, Kecamatan Lahusa, sesuai dengan ketentuan pasal 373 ayat (3) UU Nomor 7 tahun 2017 Tenntang Pemilihan Umum.

Beni menambahkan, karena pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) hanya diperkenankan 10  hari semenjak hari H pemungutan suara dimana tanggal 24 Februari adalah akhir pelaksanaan PSU.

Secara terpisah Rindu H Halawa mengatakan bahwa keputusan Bawaslu dengan Nomor : 001/Rekomendasi – Adm/LP/PL/Kab/02/19/II/2024, adalah legal dan formal serta  memiliki dasar dasar kajian sebelumnya.

Perihal ketidaksiapan logistik di KPU Nisel dan harus berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumut itu adalah perihal internal dan sifatnya teknis, tapi yang pasti adalah rekomendasi Bawaslu untuk PSU di Desa Golambanua I adalah Surat Keputusan yang sah, patut ditindaklanjuti, tandas Rindu Halawa. (a26/chbg).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *