Besok Pilpanag Serentak Di Simalungun, 763 Calon ‘Bertarung’ Rebut 248 Kursi Pangulu

  • Bagikan
Besok Pilpanag Serentak Di Simalungun, 763 Calon 'Bertarung' Rebut 248 Kursi Pangulu
Lokasi salah satu TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pilpanag di Nagori Bandar Manis, Kec. Pematangbandar. Foto diambil Selasa (14/3) sore.(Waspada/Hasuna Damanik)

SIMALUNGUN (Waspada): Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) di Kab. Simalungun, besok atau Rabu 15 Maret 2023, digelar secara serentak di 248 Nagori.

Sebanyak 763 calon pangulu ‘bertarung’ untuk merebut 248 kursi jabatan pangulu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagori (DPMN) Sarimuda Purba, kepada wartawan, Selasa (14/3), pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) akan digelar serentak di 248 Nagori (Desa), Rabu 15 Maret 2023.

Dikatakan, Pilpanag akan diikuti sebanyak 763 calon pangulu yang telah memenuhi tahapan persyaratan administrasi bahkan juga tahapan seleksi. Bagi masyarakat yang sudah mendapat surat undangan untuk memilih, diharapkan dapat menggunakan hak suaranya dengan baik, sesuai dengan hati nuraninya.

” Gunakan hak pilih dengan baik, sesuai dengan hati nurani,” kata Sarimuda.

Ditambahkan Kabid PMN, Lamhot Haloho, mengatakan, persiapan pelaksanaan pemilihan pangulu secara umum sudah mantap dan matang, baik dari segi kesiapan panitia maupun kesiapan pengamanan. ” Semuanya berjalan dengan baik, saling kordinasi dan sinergis, begitupun dengan logistik, semuanya sudah sampai,” cetus Lamhot.

Terkait dengan jumlah pemilih yang berhak menggunakan hak pilihnya sebanyak 339.206 pemilih yang tersebar di 1.208 TPS (Tempat Pemungutan Suara) di 248 Nagori yang melaksanakan pemilihan.

” Pilpanag diikuti sebanyak 763 calon pangulu untuk merebut jabatan kursi pangulu di 248 nagori,” ujarnya.

Menjawab wartawan, Lamhot mengatakan setiap calon pangulu tidak dibebani biaya apa-apa, semuanya ditanggung APBD Simalungun. ” Kita berharap semuanya berjalan sukses dan lancar,” harap Lamhot.

Sementara, Kapolres Simalungun, AKBP Ronald FC Sipayung, untuk menjamin stabilitas Kamtibmas selama berlangsungnya Pilpanag, Polres Simalungun telah menyiapkan personel pengamanan sebanyak 1.357 personil Polri dan 248 personil TNI serta 90 personil Sat Pol PP sebagai unsur pendukung.

” Polres Simalungun telah menyiapkan personel keamanan dari TNI/Polri serta Satpol PP untuk menjamin rasa aman kepada masyarakat dalam mengunakan hak pilihnya,” kata AKBP Ronald, Senin (13/3).

Pengamatan dilapangan, Selasa (14/3), disejumlah nagori di Kec. Bandar dan Pematangbandar, para panitia pemilihan telah membuat tempat atau lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

TPS dibuat layaknya seperti TPS Pemilu, dilengkapi meja dan kursi serta dibuat penyekatan menggunakan tali plastik.

” Meski tampak sederhana namun semangatnya seperti Pemilu juga,” ucap salah seorang warga Bandar Manis.(a27)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *